P4TKSB - P4TK SENI DAN BUDAYA YOGYAKARTA-

Majulah Seni Budaya Indonesia

Berita:
You are here: Home

P4TKSB (P4TK Seni dan Budaya)

Pengembangan Desain Produk Sepatu dari Kulit Sisa (aval) untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Produktif SMK Kriya Kulit di PPPPTK Seni dan Budaya Sleman Yogyakarta

Surel Cetak PDF

Oleh: Marsudi

pengembangan-desain sepatu2Penelitian ini bertujuan untuk mengaplikasikan proses desain dalam pembuatan produk sepatu dari kulit sisa (aval) yang benar dengan pembelajaran proses desain dan strategi pembelajaran pada diklat produktif kriya kulitPenelitian ini tergolong jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan metode eksperimen dan pendekatan kuantitatif. Eksperimen dapat dilakukan dengan cara membandingkan dengan keadaan sebelum dan sesudah memakai sistem baru (before-after)  atau dengan membandingkan dengan kelompok yang tetap menggunakan sistem lama. Untuk menguji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan pengecekan kebenaran informasi yang telah ditulis dalam laporan kepada nara sumber dan arahan dari pembimbing.



Selengkapnya...

Diklat Life Skills di Halmahera Selatan

Surel Cetak PDF
Untitled document diklatpaudOleh:Dwi Yunanto

Baru-baru ini PPPPTK Seni dan Budaya Yogyakarta (P4TKSB) mendapat undangan sebagai nara sumber kegiatan diklat dan kewirausahaan di Halmahera Selatan. Pada kesempatan ini PPPPTKSB Yogyakarta mengutus Dwi Yunanto, M.Pd dengan Rebin, A.Md untuk memberikan pendampingan kepada masyarakat dalam kegiatan pendidikan masyarakat yang diselengarakan oleh SKB Kabupaten Halmahera selatan yang di fasilitasi oleh BP-PAUDNI Regional VI Papua.

Selengkapnya...

Membentuk Pemimpin-Pemimpin Perubahan (Reformers/Change Agents)

Surel Cetak PDF

Pilih-Pemimpin-JujurOleh: Muhammad Winarno

Posisi indonesia masih tertinggal dari cepatnya laju pembangunan global, salah satu penyebab ketertinggalan tersebut adalah lemahnya kemampuan pejabat struktural dalam menuangkan visi negara, pemerintah pusat dan daerah kedalam kebijakan strategis, termasuk lemahnya kapasitas dalam memimpin implementasi kebijakan strategis.

Untuk mengejar berbagai ketinggalan pembangunan dan pelayanan tersebut, lembaga administrasi negara menerapkan sistem baru dalam Diklat Kepemimpinan II, Diklat Kepemimpinan III dan Diklat Kepemimpinan IV sejak tahun 2014 ini. Untuk penyelenggaraan Diklat KepemimpinanTingkat IV dengan berpedoman peraturan Kepala LAN nomor 13 tahun 2013.

Selengkapnya...

Komunikasi Dan Presentasi Dalam Pendidikan Dan Pelatihan

Surel Cetak PDF
Penilaian Pengguna: / 1
JelekBagus 

Oleh: Irene Nusanti

Sumber Foto: www.presentasi.net

Komunikasi dan presentasi merupakan dua hal penting bagi keberhasilan suatu pendidikan dan pelatihan. Artikel tentang komunikasi dan presentasi ini bertujuan untuk membahas pengembangan komunikasi dan presentasi yang efektif dalam pendidikan dan pelatihan. Pembahasan terhadap komunikasi     menggambarkan bahwa ada beberapa jenis komunikasi yang dapat dilakukan untuk mengurangi permasalahan terkait komunikasi dalam suatu pendidikan dan pelatihan. Pembahasan terhadap presentasi menggambarkan bahwa diperlukan keterampilan connecting untuk membuat sebuah presentasi dalam pendidikan dan pelatihan lebih berhasil. Sedangkan pembahasan terhadap pengembangan komunikasi dan presentasi menggambarkan bahwa perlu rambu-rambu untuk merancang dan melaksanakan suatu presentasi dalam pendidikan dan pelatihan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa komunikasi dan presentasi yang dirancang dengan baik dan sesuai rambu-rambu dapat membantu keberhasilan pelaksanaan sebuah pendidikan dan pelatihan.

Selengkapnya...

Manajemen Produksi Pertunjukan Studi Kasus: Pementasan

Surel Cetak PDF

Oleh: Eko Santosa

manajemen pementasanSalah satu faktor pendukung yang sangat penting dalam proses penciptaan teater adalah manajemen. Dalam teater bahasan manajemen dibagi menjadi dua yaitu manajemen kelompok atau sanggar dan manajemen produksi. Akan tetapi dalam bahasan ini yang akan dibicarakan adalah manajemen pementasan yang merupakan bagian dari manajemen produksi. Manajemen pementasan dipilih sebagai batasan karena yang difokuskan dalam hal ini adalah persoalan pementasan teater.

Selengkapnya...

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL