P4TKSB - P4TK SENI DAN BUDAYA YOGYAKARTA-

Majulah Seni Budaya Indonesia

Berita:
You are here: Home

P4TKSB (P4TK Seni dan Budaya)

Seri Membangun Karakter - Tetap Berdampak Di Tengah Keadaan Serba Sulit (Bag 2)

Surel Cetak PDF

pend karakterOleh: Irene Nusanti

Sebagai kelanjutan dari materi ‘seri membangun karakter’ bagian pertama yang digunakan untuk bahan diklat dan bahan diskusi mata diklat pendidikan karakter, berikut adalah bagian kedua dengan judul ‘Tetap Berdampak di tengah keadaan serba sulit.’ Bagian kedua ini membahas tentang bagaimana hal-hal yang dalam bagian pertama dapat secara nyata, sedikit demi sedikit, dipraktekkan dalam kehidupan setiap individu yang ada di sekolah, baik pendidik mau pun peserta didik. Melalui praktek yang diarahkan dan dipantau, masing-masing individu dapat tetap memberikan dampak positif di tengah situasi apa pun yang dihadapi.

Selengkapnya...

Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatan Mutu Tamatan SMK-SB

Surel Cetak PDF
Penilaian Pengguna: / 2
JelekBagus 

Oleh: Marsudi

media-belajarSeiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju turut juga mewarnai situasi dan kondisi sekolah yang juga seharusnya melakukan inovasi dan perkembangan sesuai dengan tuntutan jaman. Suatu kewajiban bagi pemangkuan sekolah dalam pembenahan pendidikan yang selama ini masih adanya pembelalajaran yang diajarkan belum sepenuhnya sesuai dengan prinsip dasar dalam pendidikan. Hal ini terbukti dalam kondisi Proses Belalajar Mengajar, masih ada siswa yang tidak memperhatikan apa yang disampaikan guru dalam pembelajaran, sehingga hasilnya kurang maksimal dan proses pembelajaran tidak dilaksanakan dengan tuntas. Disamping itu guru mengajar dengan cara menulis di papan tulis atau dengan ceramah saja tidak menggunakan peraga yang menarik sehingga siswa cepat bosan dan kurang tertarik dengan materi yang disampaikan oleh guru.

Selengkapnya...

Resep dan Formula Glasir

Surel Cetak PDF

Oleh: Wahyu Gatot Budiyanto

resep-dan-formula-glasirGlasir adalah lapisan kaca tipis yang telah melebur pada permukaan benda keramik,  glasir merupakan kombinasi yang seimbang dari satu atau lebih  oksida basa (fux), oksida asam (silika), dan oksida netral (alumina), ketiga bahan tersebut merupakan bahan utama pembentuk glasir

Proses pencampuran bahan glasir dibedakan menjadi tiga: menurut perbandingan bahan yang dipakai, perbandingan oksida unsur, dan Rumus Seger (Rumus Empiris). Pencampuran menurut Rumus Seger memerlukan ketelitian karena harus mengetahui tentang berat molekul, berat rumus, berat ekivalen, dan unity formula.

 Pemahaman pencampuran glasir dengan cara perhitungan glasir yaitu perhitungan glasir dari formula ke resep dan perhitungan glasir dari resep ke formula akan sangat menguntungkan karena akan mempermudah merubah formula atau rumus glasir tersebut menjadi resep glasir dan sebaliknya. 

Selengkapnya...

Menyulap Limbah Plastik Dari Bungkus Makanan Menjadi Benda Kerajinan

Surel Cetak PDF

Oleh: Dwi Sayekti

tas-laptopSemua orang menghasilkan sampah atau limbah baik sampah organik maupun sampah anorganik tapi tidak ada satu orangpun yang mau ketempatan limbah/sampah pertanyaan kita terus mau dikemanakan limbah/sampah kita yang setiap hari kita hasilkan ? Pemerintah sudah berupaya dengan berbagai cara tapi toh sampah/limbah masih berserakan dan menggunung di mana mana salah satunya dalah Limbah atau sampah plastik yang juga merupakan salah satu faktor penyebab rusaknya lingkungan hidup dan sampai saat ini masih tetap menjadi “PR” besar bagi kita semua, karena limbah plastik sangat susah diurai dalam faktor pembuangan.

Kemasan plastik yang telah menjadi sampah yang sangat banyak jumlahnya berbahaya dan sulit dikelola. Diperlukan waktu puluhan bahkan ratusan tahun untuk membuat sampah plastik itu benar-benar terurai. Dalam tanah, limbah /sampah pada umumnya secara alami terdekomposisi atau terurai dengan sempurna. Namun demikian, untuk jenis limbah plastik terdapat perkecualian karena butuh waktu yang sangat lama sampai berpuluh puluh tahun dan saat terurai, partikel-partikel plastik akan mencemari tanah dan air tanah.

Selengkapnya...

Meningkatkan Profesional Guru

Surel Cetak PDF

Oleh: Winarto

profesional guruSetiap ada kegiatan Rakernas/Rembuk NasionaI Kemendiknas seIaIu menggarisbawahi tentang pentingnya peningkatan profesionaIisme guru. HaI ini menunjukkan besarnya perhatian Kemendiknas terhadap guru dan sekaIigus merupakan penguatan terhadap apa yang teIah kita sadari seIama ini : betapa guru mempunyai peranan amat penting daIam setiap upaya mutu pendidikan.

Selengkapnya...

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL