P4TKSB - P4TK SENI DAN BUDAYA YOGYAKARTA-

Majulah Seni Budaya Indonesia

Berita:
You are here: Home

P4TKSB (P4TK Seni dan Budaya)

Bergunakah Pelajaran Prakarya Bagi Siswa?

Surel Cetak PDF
Penilaian Pengguna: / 1
JelekBagus 

Oleh: M. Fajar Prasudi

prakaryaDalam kurikulum 2013 terdapat pelajaran Prakarya yang wajib dilaksanakan oleh satuan pendidikan dari berbagai jenjang, mulai dari jenjang SD, SMP, SMA dan SMK. Melihat posisinya pada struktur kurikulum yang ada pada kelompok wajib maka pelajaran Prakarya tentu mempunyai peranan penting dalam mengembangkan potensi peserta didik dalam proses penyiapan masa depannya. Penempatan pada posisi wajib tentu tidak serta merta menjadikannya mudah untuk diterapkan di setiap jenis dan jenjang pendidikan, khususnya pada jenjang SMP, SMA dan SMK. Berbagai kesulitan dan hambatan siap menghadang pelaksanaan pembelajaran Prakarya ini, namun demikian pendidik harus memiliki keberanian untuk melaksanakannya karena bersifat wajib.

Selengkapnya...

Pengantar Apresiasi Seni Musik Daerah

Surel Cetak PDF

Oleh: Kartiman

musik-tradisionalilustrasi: anneahira.comSeni Musik Daerah merupakan suatu cabang seni yang kompleks. Ketergantungan antara unsur yang satu dengan lainnya menjadi sesuatu yang penting dalam sebuah penyajian seni musik daerah. Itulah sebabnya dalam bentuk-bentuk musik daerah, penyajiannya cenderung bersifat kolektivitas. Nilai kebersamaan sebagai pengejawantahan sifat gotong-royong menjadi bagian yang tidak terpisahkan, meskipun unsur individualisme sebagai bagian dari karakter pemain dan instrumen selalu hadir dalam penyajiannya.

Pada prinsipnya instrumen-instrumen dalam seni musik daerah berfungsi untuk memenuhi kebutuhan musikal terhadap lagu yang disajikan. Namun demikian, karena sangat kental unsur kedaerahannya, maka keanekaragaman bentuk instrumen yang terdapat dalam setiap bentuk musik daerah dapat pula menjadi salah satu atribut daerah setempat, sehingga beberapa instrumen musik identik dengan daerah asalnya. Dalam konteks estetika, disamping sebagai unsur pembentuk musikalitas, instrumen juga sebagai unsur non musikalitas yang kehadirannya lebih ditekankan pada bentuk bukan fungsinya.

Berdasarkan penyajiannya, bentuk seni musik daerah dapat diklasifikasikan menjadi 2, yaitu mandiri dan non mandiri. Penyajian yang bersifat mandiri dibagi menjadi 3, yaitu vokalia, instrumentalia, dan gabungan keduanya, sedangkan non mandiri menyesuaikan dengan kebutuhan pasangannya.

Kekuatan seni musik daerah sebagai pendukung dalam sebuah pementasan seni tari, seni teater, seni pedalangan sangat bervariasi, tergantung keperluan dan kebiasaan yang berlaku di daerah dimana mereka lahir, hidup, dan berkembang. Berdasarkan uraian tersebut, dapatlah dipahami bahwa eksistensi seni musik daerah dibutuhkan oleh cabang seni pertunjukan yang lain. Peran sertanya dapat membuat sebuah pertunjukan menjadi lebih hidup, dan mempunyai nilai lebih.

Selengkapnya...

Pameran sebagai Ruang Ekspresi

Surel Cetak PDF

Oleh: M. Fajar Prasudi

pameranSebuah pameran seni yang menggunakan ruang sebagai bagian dari karya seni seringkali memandang ruang sebagai bagian yang sangat diperhitungkan, - juga dalam pameran yang konvensional sekalipun penataan karya ataupun display akan selalu mempunyai arti yang khusus. Henrietta Lidchi menulis bahwa pameran dianggap sebagai sebuah peristiwa yang memiliki ciri-ciri tersendiri dengan mengartikulasi atau memikirkan obyek-obyek, teks-teks, representasi-representasi visual, juga rekonstruksi- rekonstruksi dan bahkan suara-suara yang dikreasikan melalui sistem representasional yang rumit dan terbatas. Bahkan ia juga mewacanakan pameran sebagai poetic of exhibiting dan politics of exhibiting.

Selengkapnya...

Mengembangkan Team Learning Dalam Pembelajaran

Surel Cetak PDF

Oleh: Irene Nusanti

TBL Picture2Team learning merupakan unit mendasar dan memiliki peran penting (Tee, 2005). Artikel tentang team learning ini bertujuan untuk membahas team learning yang perlu dikembangkan oleh guru dan peserta didik untuk mencapai pembelajaran yang efektif. Pembahasan terhadap team learning bagi guru menggambarkan bahwa ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar guru tidak membiasakan untuk bekerja sendiri dan berinteraksi hanya dengan peserta didik saja. Pembahasan terhadap team learning bagi peserta didik menggambarkan bahwa peserta didik tidak hanya belajar menyelesaikan tugas yang diberikan tetapi juga belajar bekerja sama. Sedangkan pembahasan terhadap pengembangan team learning menggambarkan bahwa perlu dikembangkan dialog untuk team learning bagi guru dan bagi peserta didik untuk menghasilkan pembelajaran yang efektif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa team learning yang dikembangkan untuk guru dan peserta didik dapat membantu mencapai pembelajaran yang lebih efektif.

Selengkapnya...

Tata Rias dan Tata Busana Tari Golek Asmaradana Bawaraga

Surel Cetak PDF

oleh: Suratmi Eka Kapti

FOTO TARI 2Tari Golek Asmaradana Bawaraga merupakan salah satu contoh tari tradisi gaya Yogyakarta yang menggunakan tata rias putri cantik.

Alat rias yang digunakan untuk merias penari terdiri dari puff bedak, kuas bedak, kuas pemerah pipi, kuas eye shadow, kuas pewarna bibir, sisir dan kuas alis, sisir bulu mata, cermin.

Alat rias yang digunakan untuk merias penari terdiri dari pembersih, penyegar, alas bedak, bedak tabur, bedak padat, eye shadow, pensil alis, eye liner, maskara, perona pipi, lipstick, dan bulu mata palsu.

Alat untuk menata rambut dan busana penari Golek adalah sisir biasa, cermin, jepit rambut besar, jepit rambut kecil, dan harnet bulat.

Penari Golek Asmaradana Bawaraga memakai kostum yang terdiri dari baju bludiran, sampur cindhe, kain parang grudha, sangsangan sungsun, sumping, sabuk, kelat bahu, godegan dan subang. Selain itu juga memakai assesories di kepala berupa sinyong, ceplok jebehan, ceplik, cunduk jungkat, dan cunduk mentul dan jamang bulu

Selengkapnya...

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL