P4TKSB - P4TK SENI DAN BUDAYA YOGYAKARTA-

Majulah Seni Budaya Indonesia

25 Jul 2014

You are here: Home

P4TKSB (P4TK Seni dan Budaya)

Fendi Tertarik Mendalang sejak Balita

Surel Cetak PDF
Untitled document dalang_anakSleman : Pratnanto Adiputro Wicaksono atau yang lebih akrab dengan panggilan Fendi, siswa kelas 4 SD Selomulyo Ngaglik Sleman telah tertarik dengan dunia wayang sejak usia dini. Berbagai prestasi mendalang dan Sastra Jawa berhasil diraihnya lewat berbagai lomba dan festival.
Selengkapnya...

Pembelajaran Anak Usia Dini Melalui Aktifitas Bercerita dan Mendongeng

Surel Cetak PDF
Untitled document

orang_berceritaOleh: Heru Subagiyo

Pendidik yang baik adalah pendidik yang menguasai cerita dan mampu bercerita. Melalui metode bercerita inilah para pengasuh anak-anak (pendidik, tutor, pengasuh anak usia dini) menularkan pengetahuan dan menanamkan nilai budi pekerti yang luhur serta mengembangkan kreatifitas secara efektif dan menyenangkan. Merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (2005), Cerita adalah rangkaian peristiwa yang disampaikan, baik berasal dari kejadian nyata (non fiksi) ataupun tidak nyata (fiksi). Cerita merupakan tuturan yang membentangkan bagaimana terjadinya suatu hal (peristiwa, kejadian, dsb); karangan yang menuturkan perbuatan, pengalaman, atau penderitaan orang, kejadian dsb, baik yang sungguh-sungguh terjadi maupun yang hanya rekaan belaka; lakon yang diwujudkan atau dipertunjukkan di film (sandiwara, wayang, dsb).

Selengkapnya...

Pendidikan Multikultural di Indonesia

Surel Cetak PDF
Penilaian Pengguna: / 1
JelekBagus 

image t6Oleh: Eru Wibowo

Bangsa Indonesia mempunyai kemajemukan dengan adanya perbedaan suku bangsa, budaya, bahasa, agama dan adat istiadat. Perbedaan tersebut sering disebut Multikultural. Perbedaan sering memicu adanya konflik, sehingga perlu penanaman nilai-nilai multikultural sejak dini. Pendidikan multikultural merupakan salah satu alternatif strategi dalam pendidikan karena pendidikan multikultural berbasis pada pemanfaatan keragaman yang ada pada masyarakat terutama kepada siswa  

Selengkapnya...

Daun Indigofera Sebagai Zat Warna Alam Untuk Tekstil

Surel Cetak PDF

 Oleh : Sri Herlina

warna alamTanaman Indigofera tikctoria merupakan tanaman penghasil warna biru dan merupakan salah satu tanaman penghasil warna alam yang khas. Dari hasil fermentasi yang berupa pasta indigo kemudian digunakan untuk mewarnai kain sutera, katun dan kain serat alam seperti: serat lidah mertua (Sansiviera), serat nenas (Agave sisalana), dan serat pisang (Musa paradisiacal). Dari hasil pengujian ketahanan luntur warna terhadap pencucian 400C, ketahanan luntur warna terhadap keringat asam dan basa, ketahanan luntur warna terhadap cahaya terang hari dan ketahanan luntur warna terhadap gosokan dengan membandingkan pada staining scale dan grace scale, penodaan pada kapas kering, kapas basah, sutera, asetat, poliamida, poliester, akrilik dan wol semua hasilnya memenuhi syarat SNI.

Selengkapnya...

Mengembangkan Possibility Thinking dalam pembelajaran (2)

Surel Cetak PDF
Penilaian Pengguna: / 1
JelekBagus 

 

 

 

possibility-thinking

Oleh: Irene Nusanti 

A.     Pendahuluan

Berpikir bagus merupakan pekerjaan yang tidak mudah. Jika mudah, pastilah banyak orang sudah melakukannya. Karena berpikir bagus sulit, maka orang-orang sukseslah yang cenderung bisa melakukannya. Akan tetapi jangan khawatir karena ada berita bagus tentang hal ini, yaitu bahwa sekali pun sulit tetapi cara berpikir orang-orang sukses dapat dipelajari. Hal ini diungkap oleh John Maxwell dalam bukunya ‘How Successful People Think, yang salah satunya akan dibahas dalam artikel berikut.

Selengkapnya...

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL