P4TKSB - P4TK SENI DAN BUDAYA YOGYAKARTA-

Majulah Seni Budaya Indonesia

31 Oct 2014

You are here: Home

P4TKSB (P4TK Seni dan Budaya)

Penerapan Apresiasi pada Mata Pelajaran Seni Budaya di Sekolah Dasar

Surel Cetak PDF
Penilaian Pengguna: / 2
JelekBagus 

 Oleh: P. Sidik Nugraha BP

A. Latar Belakang

Mata pelajaran seni budaya pada bidang seni tari sampai saat ini belum dilaksanakan secara maksimal di Sekolah Dasar, karena sekolah masih menempatkan pelajaran tari sebagai materi yang bukan diberikan kepada siswa sebagai materi pelajaran wajib. Oleh sebab itu seni tari dimasukkan pada kegiatan ekstra kurikuler atau pada pelajaran muatan lokal.

Dengan digulirkan kurikulum 2013 dimana pembelajaran di sekolah dasar menggunakan tematik integratif, maka seni budaya merupakan pelajaran yang masuk didalam tema, oleh sebab itu seni budaya masuk dalam sub tema sesuai dengan kompetensi dasar di dalam tema tersebut.

Materi pembelajaran apresiasi tari merupakan materi yang memberikan bekal pada siswa bagaimana mengapresiasi pada suatu hasil karya seni. Dengan harapan mendorong dan menginspirasi siswa berpikir secara kritis, analistis, dan tepat dalam mengidentifikasi, memahami, memecahkan masalah, dan mengaplikasikan materi pembelajaran seni tari.

Selengkapnya...

The spirit of Entrepreneurship

Surel Cetak PDF
Untitled document

Inspired-Entrepreneurship2By: Is Yuli Gunawan

Do you often find out a condition in which you are stressful or depressed? Or do you have any experience to try something new in your daily routine but produces nothing? Or even do you often come across your students who do not have any motivation to study? I guess everybody experiences the same thing as above, no matter who they are. Even thought people experience the same thing, there are some of them who are successful in overcoming the problem. If only some of them are successful, then there must be some other who are not successful. In this case, there must be a secret you and I need to learn together why these successful people are able to manage their life so that they become a victor instead of a victim.

Selengkapnya...

Gamelan Dan Musik Campursari Ditinjau Dari Tangganadanya

Surel Cetak PDF
Penilaian Pengguna: / 1
JelekBagus 

S. Kari Hartaya

gamelanGamelan merupakan jenis musik asli bangsa Indonesia, khususnya budaya tradisional Jawa. Peran serta keberadaanya sangat dekat dengan masyarakatnya melalui berbagai pertunjukan kesenian tradisional. Hampir setiap kesenian tradisional Jawa melibatkan atau menggunakan jenis musik ini sebagai iringannya, seperti ketoprak, wayang (baik wayang kulit maupun wayang orang), karawitan, jathilan (walau hanya beberapa saja alat musik gamelan yang dipakai), dan kesenian tradisional Jawa yang lain. Dengan berbagai karakter serta keunikannya menjadikan jenis musik ini sangat terkenal di seluruh dunia dan digandrungi oleh berbagai bangsa di dunia ini. Sejalan dengan itu, disatu sisi ironisnya, banyak orang dari bangsa kita sendiri, khususnya generasi muda, tidak menyukai dan bahkan tidak mengenal musik gamelan yang merupakan musik asli bangsanya sendiri. Mereka lebih merasa akrab/ dekat dan cocok dengan musik barat yang dinilai lebih pas untuk anak muda. Sehingga kebanyakan penggemar musik gamelan adalah usia menengah keatas. Kalau hal ini terus terjadi lama-kelamaan bangsa kita akan kehilangan musiknya yang begitu adiluhung dan membanggakan itu. Bukan tidak mungkin bangsa lainlah yang akan memiliki ataupun mengeksperti tentang kesenian yang satu ini.

Selengkapnya...

Fiksasi Bahan Alami Dari Buah Markisa Dan Jeruk Nipis Dalam Proses Pewarnaan Batik Dengan Zat Warna Indigosol

Surel Cetak PDF
Untitled document

pewarnaan_batikOleh : Sri Herlina

Pada proses pewarnaan batik dapat menggunakan zat warna sintetis (zat warna kimia / buatan) atau zat warna alam. Salah satu zat warna sintetis yang sering dugunakan yaitu zat warna Napthol dan zat warna Indigosol yang terbuat dari reaksi kimia aromatik. Pewarnaan batik dengan zat warna Indigosol menggunakan bahan fiksasi sebagai penguat warna berupa larutan HCl (asam kuat). Dengan adanya fenomena tentang sulitnya memperoleh bahan fiksasi HCl (khususnya di Luar Jawa) kalau ada harganya sangat mahal. Fenomena yang lain larutan HCl berupa cairan asam kuat yang bersifat korosif dan termasuk bahan yang berbahaya dan beracun sehingga distribusi larutan HCl tidak aman. Sehingga ada pemikiran untuk mencari bahan pengganti HCl yang aman, tidak berbahaya terhadap manusia pengguna atau lingkungan dan dapat dengan mudah diperoleh di luar jawa. Berdasarkan identifikasi tersebut di atas dapat dirumuskan masalah berikut: (1) Apakah bahan alam buah markisa dan jeruk nipis dapat menggantikan HCl sebagai bahan fiksasi ?, (2) Apakah bahan alam buah markisa dan jeruk nipis dapat menghasilkan pewarnaan batik yang mempunyai ketahanan luntur baik atau sesuai dengan SNI ?

Selengkapnya...

Makna Simbolis Gerak Tari Golek

Surel Cetak PDF
Penilaian Pengguna: / 2
JelekBagus 

tari golek Oleh : P. Sidik Nugraha BP

Tari Golek adalah tari yang ditarikan oleh remaja putri. Pengertian remaja putri adalah seorang wanita yang belum pernah menikah, berumur antar 12 tahun sampai 21 tahun. Masa remaja adalah masa peralihan dari masa kanak kanak menginjak dewasa. Pada saat ini remaja putri mengalami masa transisi/peralihan dari kanak kanak ke remaja, sehingga seorang remaja ingin memperlihatkan pribadinya. Dalam masa perkembangan kepribadian seseorang, masa remaja mempunyai arti yang khusus. Dalam rangkaian proses perkembangan, masa ini seseorang tidak mempunyai kedudukan yang jelas. Masa remaja menunjukkan masa transisi atau peralihan dari masa anak-anak ke masa dewasa. Pada masa inilah remaja mulai mencari-cari atau mulai berfikir tentang potensi pribadi yang akan dipakai sebagai landasan selanjutnya.

Selengkapnya...

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL