P4TKSB - P4TK SENI DAN BUDAYA YOGYAKARTA-

Majulah Seni Budaya Indonesia

26 Oct 2014

You are here: Home

P4TKSB (P4TK Seni dan Budaya)

Pendampingan dan Lomba “Cinderamata”

Surel Cetak PDF
Untitled document

cinderamataOleh: Ali Sulchan

Secara tidak langsung, kegiatan lomba apapun bentuk dan outputnya seperti; produk Fashion, puisi, penelitian, karya ilmiah, foto, mebel, kerajinan (Cinderamata), dst. merupakan peluang sangat positip bagi siapapun untuk mendapatkan sebuah predikat. Berapapun ukuran secara fisik dari sebuah produk cinderamata yang memiliki tujuan dan nilai tertentu, secara umum perwujudannya dapat dilakukan melalui proses yang spontan atau direncanakan dengan sengaja. Produk yang diproses dengan cara tersebut umumnya akan menghasilkan spesifikasi dan image sebagai produk yang diharapkan. Untuk itu produk Cinderamata harus bisa menunjukkan sifat yang mudah dibawa, tidak memakan tempat dan ringan, maka upaya untuk menciptakan produk tersebut harus sekecil dan seringan mungkin sehingga akan memudahkan bagi pengguna yang membutuhkan.

Selengkapnya...

Menari Dan Menyanyi Lagu Naik Delman

Surel Cetak PDF

Oleh : Lilin Candrawati Sukmaningsih


naik delmanTahukah kamu apakah delman itu? Delman adalah sebuah kendaraan yang ditarik oleh kuda yang dipergunakan untuk keperluan angkutan manusia seperti motor dan mobil. Naik delman pada hari minggu atau libur ditemani ayah atau ibu berkeliling kota pasti asyik dan menyenangkan. Yang mengendalikan delman itu namanya Kusir. Nah kalau kita duduknya dekat dengan Pak Kusir pasti senang karena kita jadi tahu caranya mengendalikan dan dapat melihat pemandangan di depan dengan jelas. Nah sekarang coba kita simak bersama-sama lagu yang akan diputar berikut ini. Amatilah syair lagunya, dan bayangkan kita benar-benar naik delman seperti apa yang terdapat pada syair lagu itu. Syair lagu itu adalah sebagai berikut:

Pada hari Minggu ku turut ayah ke kota

Naik Delman istimewa kududuk di muka

Ku duduk samping Pak Kusir yang sedang bekerja

Mengendali kuda supaya baik jalannya

Duk tik dak tik duk tik dak tik duk tik dak tik duk

Duk tik dak tik duk tik dak swara spatu kuda

Selengkapnya...

Implementasi Pendidikan Karakter Bangsa Dalam Pembelajaran

Surel Cetak PDF

pendidikan karakterOleh: Is Yuli Gunawan

Budaya timur yang identik dengan karakter bangsa Indonesia yang santun, bersatu dalam keberagaman, dan rasa solideritas yang tinggi seolah hanya tinggal kenangan belaka. Yang tersisa sekarang hanyalah kebersatuan, dan solideritas dalam satu kelompok saja tapi begitu beda kelompok sifat-sifat tersebut menghilang. Hal ini terjadi bukan hanya dikalangan muda dan masyarakat bawah saja melainkan juga dikalangan tua dan kalangan elit yang mestinya jadi suri tauladan. Dikalangan pelajar, tawuran menjadi suatu kebanggaan tanpa memperdulikan lingkungan dan keselamatan jiwa orang lain, nyawa seolah sudah tidak ada artinya lagi. Hura-hura dikalangan remaja dan pelajar sudah menjadi trend. Setelah pengumuman lulusan mereka dengan bangganya melakukan pawai di jalan raya seolah-olah jalan raya adalah milik mereka sendiri dan dengan pakaian seragam yang dicat dengan berbagai warna mereka tidak perduli bahwa sebenarnya pakaian bekas mereka masih ada yang membutuhkan.

Selengkapnya...

Fendi Tertarik Mendalang sejak Balita

Surel Cetak PDF
Untitled document dalang_anakSleman : Pratnanto Adiputro Wicaksono atau yang lebih akrab dengan panggilan Fendi, siswa kelas 4 SD Selomulyo Ngaglik Sleman telah tertarik dengan dunia wayang sejak usia dini. Berbagai prestasi mendalang dan Sastra Jawa berhasil diraihnya lewat berbagai lomba dan festival.
Selengkapnya...

Belajar Menulis Cerita

Surel Cetak PDF
Untitled document

menulisOleh: Eko Santosa

Banyak cara atau proses kreatif yang dilkukan oleh para penulis. Masing-masing memiliki pendekatan yang berbeda. Ada penulis cerita yang membuat format dulu sebelum menulis dan ada yang langsung menulis di hadapan mesin ketik atau komputer secara langsung dengan menuangkan dan merangkai gagasan yang pada saat itu juga melintas. Namun, bagi penulis pemula ide atau gagasan adalah persoalan mendasar yang harus dipecahkan. Apa yang akan ditulis jika sekiranya tidak ada ide yang melintas di kepala? Itulah pertanyaan yang biasanya muncul.

Selengkapnya...

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL