P4TKSB - P4TK SENI DAN BUDAYA YOGYAKARTA-

Majulah Seni Budaya Indonesia

02 Apr 2015

Berita:
You are here: Home

P4TKSB (P4TK Seni dan Budaya)

DR.Edy Susatya, M.Pd : Guru Profesional dituntut memenuhi tiga hal

Surel Cetak PDF
Untitled document produktifSleman :  Kepala Bidang Fasilitasi dan  Peningkatan Kompetensi  Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Seni dan Budaya Sleman,DR.Edy Susatyo,M.Pd mengatakan, seorang guru yang profesional harus menguasai tiga kemampuan yakni  Kompeten di bidangnya, menguasai bahasa asing sebagai komunikasi dan menguasi teknologi dan informasi dan networking.
Selengkapnya...

Pengembangan Multimedia dan Implementasinya Dalam Pembelajaran

Surel Cetak PDF
Penilaian Pengguna: / 1
JelekBagus 

Oleh : Tarman Budianto

multimediaBerbagai keadaan menunjukkan bahwa Indonesia belum optimal mendayagunakan potensi secara baik, sehingga Indonesia terancam kesenjangan digital (digital gap) dan semakin tertinggal dari negara-negara maju (Balitbang, 2007). Untuk itu, Indonesia perlu melakukan terobosan agar secara efektif dapat mempercepat pendayagunaan TIK yang potensinya sangat besar. Dalam hal ini, pemerintah dan masyarakat perlu secara proaktif dan dengan komitmen yang tinggi menumbuhkan komitmen nasional, membentuk lingkungan bisnis yang kompetitif, serta meningkatkan kesiapan masyarakat untuk mempercepat pengembangan dan pendayagunaan TIK. Secara sistematik, perkembangan dunia yang semakin mengglobal dipengaruhi oleh perkembangan TIK. Globalisasi dan perdagangan bebas menjadikan dunia semakin penuh dengan kompetisi dan networking. Penguasaan TIK menjadi sangat krusial untuk mampu bertahan dan bersaing.

Selengkapnya...

Penggunaan Bahasa Dalam Tatap Muka Diklat

Surel Cetak PDF
Penilaian Pengguna: / 1
JelekBagus 

bahasa Oleh: Siti Ainun Jariyah

Penggunaan bahasa yang baik dan benar adalah pemakaian kata, kalimat, rangkaian kalimat yang segalanya serba tertata, bermakna, menarik, dan interaktif. Hal ini sangat penting dalam pelaksanaan tatap muka diklat. Kemungkinan terjadinya penggunaan bahasa yang tidak efektif tentu disebabkan banyak hal. Oleh karena itu perlu disikapi dengan bijak dan arif oleh widyaiswara. Pada saatnya akan dilakukan upaya pemecahan yang konstruktif sehingga interaksi antara penatar dan peserta diklat akan semakin dinamis dan positif.

Selengkapnya...

Seni Hias Pada Keramik: Penerapan Dekorasi pada Saat Pembentukan Benda Keramik

Surel Cetak PDF

Oleh: Sugihartono

dekorasi keramik

Dekorasi merupakan unsur hiasan atau bagian yang fungsinya sebagai penghias untuk memperindah penampilan suatu benda keramik. Dalam keramik misalnya unsur pijitan, jejak tangan yang ritmis dapat merupakan unsur penghias yang orisinal dan menarik bila dikomposisikan dan ditempatkan pada posisi yang  tepat, namun badan keramik tidak selalu memerlukan dekorasi.Akan tetapi dalam sajian ini membahas dekorasi menggunakan berbagai macam bahan dapat digunakan untuk membuat dekorasi benda keramik, yang perlu diperhatikan adalah kualitas bahan tersebut karena dapat mempengaruhi keindahan benda keramik yang dibuat. Bahan-bahan tersebut diantaranya adalah:tnah liat, engobe, pewarna dan air dan dengan peralatan yan diperlukan.

Dekorasi marbling body pada umumnya dilakukan dengan teknik pembentukan putar dan cetak padat dengan menggunakan beberapa macam campuran tanah liat warna yang sejenis.

Teknik nerikomi merupakan pola yang lebih menyerupai mosaik yang diintegrasikan dari bagian atau blok lempengan tanah liat yang sudah dibuat secara berlapis dan berpola. Masing-masing bagian disambung atau dilekatkan dengan menggunakan slip,

Agateware dapat dibuat dengan menggunakan cetakan dimana pola lapisan tanah yang berbeda warna menyerupai batu alam, marmer ataupun batu akik akan kelihatan lebih tampak, selain itu dapat juga dibuat dengan teknik putar yang dikenal dengan marbling body. Dari semua aplikasi agate yang mempunyai cara dan ciri yang khusus dalam tekniknya dapat dibedakan menjadi beberapa teknik seperti inlay, laminasi, marquetry dan neriage.

Kesemuanya dapat dilakukan dengan menerapkan teknik-teknik dalam mendekorasi keramik pada saat pembentukan, sehingga pada saat membentuk keramik sekaligus juga menghias.

Selengkapnya...

PEMANGGILAN PESERTA DIKLAT KKG/MGMP

Surel Cetak PDF
Diberitahukan dengan hormat bahwa dalam rangka peningkatan mutu dan profesionalisme pendidik, PPPPTK Seni dan Budaya Yogyakarta tahun 2012 akan menyelenggarakan Diklat KKG/MGMP bagi  proposalnya lolos untuk mendapatkan blockgrant. Untuk surat pemanggilan diklat dan daftar proposal yang dinyatakan lolos selengkapnya klik disini.

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL