P4TKSB - P4TK SENI DAN BUDAYA YOGYAKARTA-

Majulah Seni Budaya Indonesia

22 Dec 2014

Berita:
You are here: Home

P4TKSB (P4TK Seni dan Budaya)

Example of Implementing Possibility Thinking in English Learning

Surel Cetak PDF
Penilaian Pengguna: / 1
JelekBagus 

Written by Irene Nusanti

learn englishPossibility thinking can be developed in any learning. Of course, it should be in line with the theme to be taught as well as the audience level. In other words, it is possible that the concept of possibility thinking can not be inserted in all themes. It is no big deal. It will be awkward to force it for a certain theme which doesn’t match at all. Anyway, there is no certain criteria which themes are good for possibility thinking concept. The most important thing is for you to understand the concept first. Once it is understood, you can develop it according to a suitable theme. Below is an example of implementing the concept of possibility thinking in English learning.

Selengkapnya...

Bagaimana Memilih Materi Pembelajaran Lagu Anak-Anak Di Paud/TK Dan SD

Surel Cetak PDF
Penilaian Pengguna: / 1
JelekBagus 

lagu anakOleh: Diah Uswatun Nurhayati

Memperhatikan bahwa dunia anak relevan dengan bentuk alunan lagu, maka lagu anak menjadi berperan dalam proses edukasi anak. Secara anatomis, lagu dapat dibedakan dalam beberapa dimensi, yaitu lagu sebagai bahasa hiburan, sarana pendidikan dan informatif. Tiga karakter dasar sebuah lagu inilah yang menjadi dasar bagi peran akomodatif anak. Intensitas pengenalan lagu, baik dari media maupun peran orangtua, menjadi penting bagi proses pendidikan anak. Interaksi yang berdimensi konstruktif ini pada akhirnya membuat anak mudah untuk menghafalkan syair, khususnya syair lagu yang berdimensi edukatif. Kontinuitas pengenalan ini, secara tak langsung akan berkaitan erat dengan kemampuan menghafal, serta kemampuan menafsirkan syair, untuk mencapai makna yang relevan dengan psikologis anak.

Selengkapnya...

PEMANGGILAN PESERTA DIKLAT KKG/MGMP

Surel Cetak PDF
Diberitahukan dengan hormat bahwa dalam rangka peningkatan mutu dan profesionalisme pendidik, PPPPTK Seni dan Budaya Yogyakarta tahun 2012 akan menyelenggarakan Diklat KKG/MGMP bagi  proposalnya lolos untuk mendapatkan blockgrant. Untuk surat pemanggilan diklat dan daftar proposal yang dinyatakan lolos selengkapnya klik disini.

Perkembangan Sentra Gerabah Kasongan

Surel Cetak PDF

Oleh: M. Fajar Prasudi

kasonganKasongan merupakan salah satu sentra industri gerabah yang penting, terutama dengan melihat perkembangan yang terjadi sampai saat ini, ada kecenderungan perubahan menyangkut bentuk produk gerabah, pertambahan jumlah perajin, dan perluasan kawasan bisnis di sekitar Kasongan. Perkembangan yang terjadi di wilayah ini menunjukkan adanya perubahan yang signifikan menyangkut aspek ekonomis maupun sosiologis. Secara ekonomis ditunjukkan oleh adanya aktivitas perekonomian yang makin meningkat, misalnya meningkatnya jumlah usaha penjualan keramik melalui show room yang bertebaran di sekitar Kasongan. Apabila kita amati sejak tahun 1970-an akan kentara sekali bahwa jalan masuk ke desa Kasongan yang dulu diwarnai persawahan di kanan kirinya, sekarang telah berubah menjadi toko-toko yang menyediakan aneka kerajinan, terutama hasil gerabah. Berdasarkan perkiraan jumlah unit usaha pengrajin gerabah yang dilansir dari Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Bantul tercatat peningkatan jumlah unit usaha yang cukup mencolok. Pada tahun 1970 jumlah unit usaha gerabah di Kasongan masih dibawah sekitar 150-an pengrajin, tetapi pada tahun 2007 ini sudah mencapai sekitar 450-an pengrajin gerabah yang tersebar di beberapa dusun.

Selengkapnya...

Materi Ajar Diklat Guru Seni Budaya SMP

Surel Cetak PDF

materi ajar tariOleh: G.S. Darto

Penataan tari atau yang dikenal dengan istilah Koreografi Merupakan hal sangat penting untuk diketahui oleh seorang guru tari, penata tari (koreografer). Penataan tari dapat dilakukan mulai dari proses pembuatan gerak sampai pada suatu bentuk pertunjukan tari.

Penataan tari atau juga disebut Komposisi tari dapat pula dikatakan sebagai pengetahuan tentang cara-cara penyusunan sebuah karya tari baik tunggal maupun kelompok, baik kelompok kecil maupun kelompok besar. Secara rinci komposisi tari meliputi beberapa aspek yang harus dipahami oleh setiap penata tari. Dengan mengetahui beberapa aspek tersebut diharapkan seorang penata tari dapat menghasilkan karya yang maksimal.

Selengkapnya...

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL