P4TKSB - P4TK SENI DAN BUDAYA YOGYAKARTA-

Majulah Seni Budaya Indonesia

18 Sep 2014

You are here: Home

P4TKSB (P4TK Seni dan Budaya)

Daun Indigofera Sebagai Zat Warna Alam Untuk Tekstil

Surel Cetak PDF

 Oleh : Sri Herlina

warna alamTanaman Indigofera tikctoria merupakan tanaman penghasil warna biru dan merupakan salah satu tanaman penghasil warna alam yang khas. Dari hasil fermentasi yang berupa pasta indigo kemudian digunakan untuk mewarnai kain sutera, katun dan kain serat alam seperti: serat lidah mertua (Sansiviera), serat nenas (Agave sisalana), dan serat pisang (Musa paradisiacal). Dari hasil pengujian ketahanan luntur warna terhadap pencucian 400C, ketahanan luntur warna terhadap keringat asam dan basa, ketahanan luntur warna terhadap cahaya terang hari dan ketahanan luntur warna terhadap gosokan dengan membandingkan pada staining scale dan grace scale, penodaan pada kapas kering, kapas basah, sutera, asetat, poliamida, poliester, akrilik dan wol semua hasilnya memenuhi syarat SNI.

Selengkapnya...

Online Game Sebagai Media Pembelajaran Seni

Surel Cetak PDF

online gameOleh: Gatot Wibowo Hamiseno

Permainan online (online game) merupakan permainan yang disukai para remaja saat ini dan di masa datang. Pemain akan berusaha meningkatkan kreativitas dan strategi bermain untuk memenangkan permainan. Kreativitas merupakan salah satu aspek yang dipelajari juga dalam pendidikan seni. Secara umum, online game dapat meningkatkan apresiasi terhadap seni, terutama seni grafik dan animasi. Dengan demikian, online game sangat dimungkinkan dijadikan media pembelajaran seni.

Selengkapnya...

Sejarah Lahirnya Seni Topeng

Surel Cetak PDF

 

 

Oleh : Abdul Ghofar

Pendahuluan

topengManusia pada jaman kehidupan primitif masih mempunyai sifat-sifat kehidupan yang sederhana, dan masih tebal kepercayaannya kepada roh-roh halus. Sifat kehidupan mereka terlukis pada karya-karya topeng yang mereka ciptakan. Kepercayaan mereka pada roh-roh pada waktu itu diungkapkan lewat bentuk-bentuk hidung, mulut, dan mata topeng dengan gaya yang masih sederhana. Hal ini disebabkan hidung, mulut, dan mata itu dianggapnya mempunyai sifat-sifat tertentu, misalnya sifat magis, menakutkan, sakti, dan sebagainya. Jadi sifat itu merupakan gambaran rohani mereka yang mendorong untuk melandasi ciptaannya.

Kemudian pada perkembangannya masyarakat dijaman selanjutnya, seni topeng berkembang menjadi permainan anak-anak. Semula untuk membuat topeng semacam itu anak-anak hanya mencoretkan langsung pada muka anak-anak yang lain. Perkembangan selanjutnya coret-coret dipindahkan pada bentuk lain. Misalnya pada tempurung kelapa, kayu dan sebagainya, kemudian topeng permainan anak-anak itu mendapat pengaruh dari raja-raja (keraton) dan selanjutnya dikembangkan dibawah kekuasaan mereka. 

Selengkapnya...

Belajar Menulis Cerita

Surel Cetak PDF
Untitled document

menulisOleh: Eko Santosa

Banyak cara atau proses kreatif yang dilkukan oleh para penulis. Masing-masing memiliki pendekatan yang berbeda. Ada penulis cerita yang membuat format dulu sebelum menulis dan ada yang langsung menulis di hadapan mesin ketik atau komputer secara langsung dengan menuangkan dan merangkai gagasan yang pada saat itu juga melintas. Namun, bagi penulis pemula ide atau gagasan adalah persoalan mendasar yang harus dipecahkan. Apa yang akan ditulis jika sekiranya tidak ada ide yang melintas di kepala? Itulah pertanyaan yang biasanya muncul.

Selengkapnya...

Pembelajaran Jarak Jauh Melalui Web Conference

Surel Cetak PDF
Penilaian Pengguna: / 1
JelekBagus 

confereceOleh: Gatot Wibowo Hamiseno

Sistem pendidikan jarak jauh adalah metode pengajaran dimana aktivitas pengajaran dilaksanakan bilamana guru dan siswa berada di lokasi yang terpisah, baik karena tempat tinggal yang terpisah. Keterpisahan kegiatan pengajaran dari kegiatan belajar adalah ciri yang khas dari pendidikan jarak jauh. Sistem pendidikan jarak jauh merupakan suatu alternatif pemerataan kesempatan dalam bidang pendidikan. Sistem ini dapat mengatasi beberapa masalah yang ditimbulkan karena keterbatasan tenaga pengajar, jarak antara lembaga pendidikan dan siswa yang berjauhan, kelangkaan pengajar berkualitas, dan lain lain.

Sebagaimana sistem pendidikan langsung atau konvensional, sistem pendidikan jarak jauh juga membutuhkan sarana prasarana penunjang pendidikan, agar tujuan umum pendidikan bisa diwujukan sesuai dengan jenjang pendidikannya. Sarana penunjang biasanya berupa modul-modul pelajaran yang dikirim kepada peserta. Sarana bisa juga berbasis teknologi informasi. Munculnya teknologi informasi dan komunikasi pada pendidikan jarak jauh ini sangat membantu sekali, apalagi dengan hadirnya fasilitas internet. Pendekatan sistem pengajaran yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan pengajaran secara langsung ataupun dengan cara menggunakan sistem sebagai tempat pemusatan pengetahuan. Hal ini memungkinkan terbentuknya kesempatan bagi siapa saja untuk mengikuti berbagai proses pembelajaran.

Selengkapnya...

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL