P4TKSB - P4TK SENI DAN BUDAYA YOGYAKARTA-

Majulah Seni Budaya Indonesia

23 Nov 2014

Berita:
You are here: Home

Block Grant,Upaya Revitalisasi KKG,MGMP,KKKS DAN MKKS

Surel Cetak PDF
Penilaian Pengguna: / 0
JelekBagus 

Sleman : Undang-Undang No. 20 Th. 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional khususnya bab II pasal 2 mengamanatkan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradapan bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa . Di sisi lain rendahnya mutu pendidikan nasional telah berpengaruh secara langsung maupun tidak langsung terhadap rendahnya mutu dan daya saing Sumber Daya Manusia Indonesia pada bursa tenaga kerja global. Masalah ini menjadi pemikiran segenap jajaran pendidikan. Hasil identifikasi menujukkan bahwa intensitas dan kebermaknaan forum-forum KKG,MGMP,KKKS dan MKKS selama ini masih kurang optimal.

 

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPPMP) Kemendiknas, melalui Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan pendidik dan Tenaga Kependidikan Seni dan Budaya Sleman Yogyakarta bertolak dari permasalahan tersebut kemudian berupaya untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional, salah satunya dengan merevitalisasi Kelompok Kegiatan Guru (KKG), Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP),Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) dan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS). Upaya ini dilakukan dengan cara memberikan dana block grant untuk membantu guru dalam mengembangkan dan mengimplementasikan berbagai program dan kegiatan yang berkaitan dengan proses pembelajaran seni budaya dan ketrampilan serta manajemen.

Menurut Agus Isnantara,ST, kriteria penerima dana block grant diantaranya memiliki struktur kepengurusan yang disahkan oleh cabang dinas pendidikan kabupaten/kota, mempunyai program kegiatan yang masih aktif dilaksanakan dalam 2 tahun terakhir dan memiliki rekening Bank ( Bank Pemerintah) atas nama KKG,MGMP,KKKS dan MKKS. Tahun ini ada 92 paket block grant dengan nominal sebesar Rp. 15.000.000,-yang ditawarkan ke seluruh KKG,MGMP,KKKS dan MKKS seluruh Indonesia.

Pertama-tama mereka harus membuat proposal , kemudian dikirim ke P4TK-SB. Selanjutnya proposal tersebut akan diseleksi. Bagi yang lolos seleksi akan disurati dan dipanggil untuk menerima pengarahan teknis pencairan block grant.” Tuturnya, senin ( 25/7).

Mekanisme penyaluran dana block grant dilaksanakan secara langsung ke rekening KKG,MGMP,KKKS dan MKKS setelah proposal disetujui dan dilakukan penandatangan MOU dan kwitansi pembayaran. Selanjutnya Surat perjanjian kerjasama dan kwitansi pembayaran oleh P4TK-SB dikirim ke KPPN Yogyakarta. KPPN kemudian menerbitkan Surat Perintah Pencairan Dana ( SP2D) .Untuk selanjutnya Pihak Bank mengirimkan dana tersebut ke rekening penerima.

Sebagai konsekuensinya, p enerima block grant harus mempertanggungjawabkan penggunaan dana sesuai dengan peraturan yang berlaku ( Keppres No. 80 Th. 2003 diperbarui dengan Perpres 54 tahun 2010). Selain itu wajib menyusun laporan kegiatan dua minggu setelah kegiatan berakhir dan mengirimkannya ke PPPPTK Seni Budaya Jl. Kaliurang Km 12,5 Klidon, Sukoharjo, Ngaglik, Sleman Yogyakarta 55581 serta Dinas Pendidikan Kab/Kota.

Dana block grant ini sifatnya sementara, hanya diberikan untuk mendukung pelaksanaan program-program yang telah direncanakan oleh KKG,MGMP,KKKS maupun MKKS sebagai salah satu bentuk stimulasi . oleh karena itu masih perlu menggali sumber dana lainnya.

Info lebih lanjut klik di sini

(Mrt)