P4TKSB - P4TK SENI DAN BUDAYA YOGYAKARTA-

Majulah Seni Budaya Indonesia

21 Aug 2014

You are here: Berita P4TKSB Lomba Kreatifitas Guru Tingkat Nasional tahun 2012

Lomba Kreatifitas Guru Tingkat Nasional tahun 2012

Surel Cetak PDF
Penilaian Pengguna: / 2
JelekBagus 
Untitled document Untitled document Jakarta : Sebagai bagian dari upaya meningkatkan profesionalitas Guru, Pusat Pengembangan Profesi Pendidik, Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan “Lomba Kreatifitas Guru Tingkat Nasional” dengan tema “ Melalui Lomba Kreatifitas Guru Kita Wujudkan Guru Profesional dan Bermartabat untuk Pendidikan Bermutu”.

Lomba bersifat perorangan, hasil karya lomba berupa praktik praktik atau pengalaman pembelajaran terbaik dari guru, bisa berupa karya kreatif, inovatif, memperkenalkan metodologi atau hasil penelitian yang terbukti mampu memecahkan masalah masalah pembelajaran di kelas dan meningkatkan mutu hasil belajar siswa. Setiap peserta hanya boleh mengirimkan satu karya ilmiah atau karya kreatif dan inovatif di bidang pembelajaran yang sesuai dengan tugas pokoknya sebagai guru bidang studi, guru kelas atau guru bimbingan konseling.

Adapun persyaratan peserta adalah guru TK,SD,SMP,SMA,SMK dan SLB, masih aktif mengajar pada sekolah negeri atau swasta di bawah bimbingan Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan, baik guru PNS ataupun GTT, mempunyai masa kerja sebagai guru sekurang kurangnya 4 tahun sebagai guru tetap dengan bukti SK pengangkatan/ penugasan sebagai guru, tunduk kepada keputusan tim penilai serta dalam kurun waktu 5 tahun terakhir belum bernah atau baru satu kali menjadi pemenang lomba keberhasilan guru di tingkat nasional.

Lomba ini dibuka sejak bulan Maret 2012 dan karya diterima panitia paling lambat tanggal 30 September 2012 cap pos. Peserta lomba wajib mengirimkan naskah asli sebanyak 1 eksemplar dan dikirim kepada “Panitia Lomba Kreatifitas Guru Tingkat Nasional “ Pusat Pengembangan Profesi Pendidik Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Gedung D Lt. 14, Jl. Jenderal Sudirman Pinti I Senayan , Jakarta Pusat, Telp : (021) 57974126

Finalis lomba akan diundang ke Jakarta untuk mengikuti seleksi penentuan pemenang lomba tingkat nasional pada bulan November 2012. Bagi para pemeng lomba disediakan hadiah berupa uang dengan total nilai sebesar Rp. 497.000.000, serta piagam penghargaan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Kegiatan lomba ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Guru Nasionbal dengan tujuan memotifasi dan menginspirasi guru untuk melakukan praktik praktik pembelajaran terbaik, memupuk minat, bakat, kebiasaan serta budaya guru dalam meneliti atau menulis karya ilmiah secara baik dan benar, mendesiminasikan berbagai pengalaman guru yang berhasil meningkatkan mutu pembelajaran untuk referensi dan bermanfaat bagi guru guru yang lain.

Ketentuan dan Informasi lebih detail dapat dilihat di website : www.pusbangprodik.org