PPPPTK Seni dan Budaya Rintis Kerja Sama di New Caledonia

P4TKSB
Typography

SEBAGAI wujud komitmen lembaga untuk melakukan reformasi birokrasi, Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Seni dan Budaya Yogyakarta merintis kerjasama dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Noumea, New Caledonia dengan mengirim pengajar dalam kegiatan Workshop in Bamboo, Wood and Coconut Craftmanship.

Kegiatan dilaksanakan selama 11 hari dari tanggal 10 hingga 20 September 2018, yang terbagi dalam 2 tempat sebagai sasarannya yaitu wilayah Ouvea dan Canala. Pemateri kegiatan adalah Widyaiswara PPPPTK Seni dan Budaya Drs. FX Supriyono M.Ds, dibantu penterjemah dari staf Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Noumea.
Diharapkan dengan kegiatan itu dapat meningkatkan wawasan pegawai terkait pengembangan media pembelajaran dan pengelolaan kerja sama/kemitraan, adanya insight untuk pengembangan gagasan inovatif, meningkatnya kompetensi dan ketrampilan peserta dalam membuat kerajian tangan dari tempurung dan bambu, meningkatkan kompetensi peserta diklat dari dasar anyaman sampai bentuk produk serta meningkatkan kompetensi peserta diklat dari limbah tempurung sampai bentuk kerajinan.
Supriyono menjelaskan sebagai tindak lanjut kerja sama tersebut, telah terbentuk Asosiasi Pengrajin Bambu dan Kelapa dengan nama Taman Yee dan KJRI Noume menjadi anggota kehormatan. Untuk kegiatan berikutnya, phak KJRI di Noumea juga minta diberikan pelatihan pembuatan rumah dari kayu atau kelapa. (Wanto)

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS