facebook40 twitter40 google40 pinteres40 youtube40 instagram40

PPPPTK SB dan YCIC Kerja Sama Tingkatkan Kompetensi Guru

Peserta Diklat Peningkatan Kompetensi Guru

P4TKSB
Typography

PUSAT Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Seni dan Budaya (PPPPTK SB) bekerja sama dengan Yayasan Cakrawala Indonesia Cerdas ( YCIC ) Yogyakarta menyelenggarakan diklat peningkatan kompetensi guru. Diklat ini telah dilaksanakan dalam dua gelombang  pada 9-11 Februari 2018 di Hotel Taman Eden 2 Kaliurang, Sleman dan masih akan dilaksanakan lagi kegiatan yang sama di tempat sama.

Menurut Kepala Seksi Program PPPPTK SB Sigit Purnomo MPd, peserta pelatihan adalah guru-guru sekolah dasar yang berasal dari Kabupaten Klaten Jawa Tengah. Dalam satu kali kegiatan rata-rata diikuti oleh 200 peserta.
Inisiatif awal kerjasama dilakukan oleh pihak YCIC. Selama ini (sebelum menjalin kerjasama dengan PPPPTK SB) YCIC sudah lama melakukan kegiatan bagi guru yang tujuannya untuk meningkatkan kualitas guru, kegiatan berupa workshop, seminar dan pelatihan. Mulai 2017 YCIC menjalin kerjasama dengan PPPPTK SB, diwujudkan dalam bentuk Perjanjian Kerjasama yang ditandatangani oleh masing-masing pimpinan.
Dalam kerjasama ini, pihak PPPPTK SB bertanggung jawab untuk menyediakan tenaga pengajar (narasumber), Panitia dan Sertifikasi. Sedangan rekruitmen peserta dan pendanaan dikelola dan menjadi tanggungjawab pihak YCIC. Selama ini dana bersumberkan pada dana mandiri peserta yang dikelola oleh pihak YCIC. Dalam setiap kegiatan keiutsertaan peserta bersifat sukarela.
“Patut diapresiasi bahwa antusias guru untuk mengikuti kegiatan cukup tinggi, ini dibuktikan dengan jumlah peserta dalam setiap kegiatan. Ke depan akan dikembangkan bentuk-bentuk model peningkatan kompetensi guru yang lain. Saat ini sedang dirancang dan disiapkan kegiatan dalam bentuk seminar,” jelas Sigit Purnomo. (Janu)

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS