Pelatihan Peningkatan Kompetensi PTP di PPPPTK SB

Peserta Pelatihan Peningkatan JF-PTP

P4TKSB
Typography

UNTUK meningkatkan kompetensi pemangku Jabatan Fungsional Pengembang Teknologi Pembelajaran (JF-PTP), digelar pelatihan bagi pemangku JF-PTP dari berbagai instansi di lingkungan DIY dan Jawa Tengah pada 2-4 Oktober 2017 di Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Seni dan Budaya (PPPPTK SB) Yogyakarta.


Peserta pelatihan terdiri atas pemangku JF-PTP dari PPPPTK SB, Balai Pendidikan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan (BPMRPK) Yogyakarta , UNY, BTKP Yogyakarta, LPMP DIY, LPPKS Surakarta, UNS, LPMP Jawa Tengah, Balai Pendidikan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan (BPMPK) Semarang. 
Latar belakang diselenggarakannya pelatihan itu adalah berkenaan denga teknologi yang melaju pesat mengiringi kehidupan, menyusup diberbagai segmen.  Hal ini termasuk pada teknologi yang merambah ke dalam ranah pendidikan. Teknologi pada pembelajaran menuntut siapa pun yang bergelut dalam pendidikan dan pembelajaran untuk, mengetahui, dan mengaplikasikan dalam proses pembelajaran.
Kompetensi yang dimiliki JF-PTP bertujuan meningkatkan mutu pembelajaran yang mencakup: Desain, Pengembangan, Pemanfaatan, Pengelolaan, dan Evaluasi.  Hal ini akan terwujud dengan melakukan berbagai pengembangan  model, media, metode dan segala hal yang ada hubungannya dengan  pembelajaran.
Materi pelatihan meliputi: Analisis Pengembangan Media Pembelajaran, Rancangan Media Pembelajaran serta praktik edupak. Edupak merupakan proses penilaian kinerja JFPTP secara online. Penilaian online melibatkan pejabat struktural di setiap instansi. Pejabat struktural yang terlibat dalam proses penilaian secara online adalah Kasi Penyelenggaraan (eselon IV), Kabid Fasilitasi Peningkatan Kompetensi (eselon III) dan Kepala Pusat (eselon II).
Sebagai rangkaian pelatihan itu, juga dilaksanakan Kongres Asosiasi Pengambang Tegnologi Pembelajaran Indonesia (APTPI) Jateng-DIY yang menghasilkan kepengurusan periode 2017-2019 dengan ketua Akhir Lusono dari PPPPTK SB.
Sapar dari BPMRPK Yogyakarta terpilih sebagai wakil ketua. Untuk pengurus harian lainnya, sekretaris dijabat Ngadimin dari UNS Solo dan Bendahara dipegang Maulina Akhadiyah asal BPMPK Semarang. (Janu)

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS