Kepala PPPPTK Seni dan Budaya Drs. M. Muhadjir, M.A membuka Kongres Nasional Guru Seni dan Budaya Nasional dengan memukul gong

KONGRES Nasional Guru Seni dan Budaya Indonesia yang diselenggarakan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Seni dan Budaya dari Senin (10/12) hingga Rabu (12/12) di komplek PPPPTK Seni dan Budaya Jalan kaliurang Km 12,5 Sleman, menghasilkan 19 rekomendasi.

SEBAGAI rangkaian kegiatan Pelatihan Produksi Media Pembelajaran Audio dan Audio Visual, Pengembang Teknologi Pembelajaran (PTP) Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Seni dan Budaya Yogyakarta melakukan studi banding ke Balai Pengembangan Media Televisi Pendidikan dan Kebudayaan (BPMTPK) di Surabaya pada tanggal 7-10 November 2018.

DALAM menjalankan peran dan fungsinya PPPPTK Seni dan Budaya harus membangun sinergi dengan stake holders, termasuk dengan seniman, budayawan dan insan pers dalam bersama-sama memajukan dan mengembangkan pendidikan seni dan budaya serta kebudayaan Indonesia. Untuk langah mewujudkannya, digelar Focus Group Discussion (FGD) PPPPTK Seni dan Budaya dari Perspektif Seniman, Budayawan dan Insan Pers pada 1 November di Hotel Eastparc Yogyakarta.

UNTUK membedah problematika Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) dan membangun formulasi ideal sinergi guru seni dengan seniman, Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Seni dan Budaya menggelar Diskusi Terpumpun Seniman Masuk Sekolah pada Kamis, 22 November 2018 di Rich Hotel Yogyakarta.

ROMBONGAN Mts Muhammadiyah Paciran Lamongan yang terdiri dari 131 siswa dan 25 guru pendamping mengunjungi Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Seni dan Budaya pada tanggal 25 Oktober 2018. Tujuan kunjungan ini untuk lebih mengenalkan dunia seni dan budaya kepada peserta didik.

SETELAH mendapatkan materi sesuai dengan bidang seni yang digeluti sejak 3 September 2018 lalu, para peserta Diklat Program Beasiswa Darmasiswa di Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenga Kependidilan (PPPPTK) Seni dan Budaya menjalani ujian tahap pertama.

GUNA memberikan wawasn, pengetahuan, serta membuat naskah dan dokumen siaran radio dan televisi yang berisikan materi wawasan dan apresiasi seni dan budaya, Pusat Pengembang dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Seni dan Budaya menggelar pelatihan pengembangan bahan siar radio dan televisi sebagai media edukasi pembelajaran seni budaya pada 22 Oktober 2018 hingga 02 November 2018 di Hotel Horison Yogyakarta.

SEBANYAK 120 guru jenjang SMP dan SMA di DIY mengikuti Diklat Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi guru seni dan budaya wilayah Yogyakarta yang dibuka Senin, tanggal 12 November 2018 dan berlangsung selama seminggu di Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Seni Budaya.

PUSAT Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Pendidik (PPPPTK) Seni dan Budaya menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) Program Percepatan Peningkatan Kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Wilayah Papua dan Papua Barat Ddi Hotel Horison Yogyakarta pada tanggal 22 hingga 24 Oktober 2018.

PARA Kepala Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Pendidik (PPPTK) dan Kepala LPPKS serta LPPPTK KPTK menggelar rapat koordinasi evaluasi pelaksanaan program 2018 untuk masukan pelaksanaan program 2019 di Hotel Indolux Yogyakarta pada tanggal 9-11 November 2018.

UNTUK menyusun dan menempurnakan profil lembaga, baik versi cetak maupun video, Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Seni dan Budaya menyelenggarakan workshop di ruang sidang kantor pusat pada 17 dan 18 Oktober 2018.

Artikel Selanjutnya...