facebook40 twitter40 google40 pinteres40 youtube40 instagram40

Para peserta Diklat Program PKP tengah mengerjakan tes awal

PUSAT Pengembangan dan pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Seni dan Budaya (PPPPTK SB) menyelenggarakan Diklat Penyegaran dan Pembekalan Calon Instruktur Nasional Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), mulai 12 Juli hingga 3 Agustus di Solo dan Yogyakarta.

Kepala Seksi Program PPPPTK SB Sigit Purnomo MPd menjelaskan, Diklat dibagi menjadi dua gelombang. Untuk gelombang pertama diikutui 1.000 calon Instruktur Nasional dari Jawa Tengah (Jateng) dibagi dalam 25 kelas. Untuk penyegaran gelombang pertama berlangsung hingga 17 Juli dan untuk pembekalan berakhir 21 Juli.

Sedang untuk gelombang kedua, diikuti sekitar 1.225 orang yang dimulai 25 Juli. Untuk penyegaran berlangsung hingga 30 Juli dan untuk pembekalan berakhir pada 3 Agustus.

Tujuan dari Diklat itu adalah untuk menyiapkan Instruktur nasional Program PKB guru jenjang Sekolah Dasar (SD) yang kompeten dan profesional. Hasil yang diharapkan, tersedianya Instruktur nasional Program PKB guru jenjang Sekolah Dasar SD yang kompeten dan profesional.

Program PKB merupakan program nasional yang dicanangkan Kementerian Pendidikan dan kebudayaan RI melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga kependidikan (Dirjen GTK). Program ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru sesuai dengan target yang telah ditetapkan oleh Ditjen GTK, yakni pada tahun 2017 nilai uji kompetensi guru secara nasional mencapai rata-rata 7.00. (Janu)

Peserta Keahlian Ganda mengikuti Pembukaan Diklat

PPPPTK Seni dan Budaya menerbitkan Surat Edaran Tambahan Pelaksanaan ON-2 Program Keahlian Ganda. Dalam surat ini terdapat panduan mengenai pelaksanaan, penetapan peserta, tempat pelaksanaan, pengaturan waktu pelaksanaan, belajar mandiri dan penugasan, pelaksanaan praktik mengajar, pelaksanaan praktik kerja industri, maupun bantuan ON bagi peserta. Surat ini menjadi petunjuk bagi peserta keahlian ganda dalam pelaksanaan ON-2 pada 14 Mei s.d. 13 Agustus 2017.

UNTUK memperluas jaringan dan mengembangkan lembaga dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya, Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Seni dan Budaya (PPPPTK SB) Yogyakarta menjalin kerja sama dengan universitas tertua di China, yakni Nanjing Agricultural University (NAU).

Simposium PTP 2017

PUSAT Teknologi Informasi dan Komunikasi (Pustekkom) Kemendikbud menggelar Simposium Regional Pengembang Teknologi Pembelajaran (PTP) di Hotel Peninsula Slipi Jakarta pada 29 hingga 31 Maret 2017. Simposium dibuka Mendikbud Prof Dr Muhadjir Effendy M.Ap, didampingi Sekretaris Jenderal Kemdikbud Didik Suhardi Ph.D serta Plt Kepala Pustekkom Dr IrAri Santoso, DEA.

SATUAN Pengamanan (Satpam) Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Seni dan Budaya (PPPPTK SB) Yogyakarta meningkatkan kebugaran dengan melakukan olah tubuh meliputi senam, PBB, push-up, skot jump dan lari. Kegiatan ini dilaksanakan di komplek PPPPTK SB pada Rabu (24/5/2017).

Koordinator Satpam PPPPTK SB Giyana menjelaskan, kegiatan tersebut diikuti 21 orang yang dilaksanakan secara rutin setiap 2 bulan sekali. “Kegiatan olah tubuh ini dilaksanakan rutin setiap dua bulan sekali. Selain untuk meningkatkan kebugaran, juga untuk meningkatkan kinerja Satpam di PPPPTK SB ini,” ujarnya.

Ditambahkan Giyana, kegiatan itu sekaligus untuk meningkatkan kedisiplinan dan kebersamaan antarpersonil Satpam di PPPPTK SB. Kegiatan dilaksanakan dari pagi hingga siang yang diakhiri dengan pembinaan. (Janu)

 

Seiring berakhirnya diklat Sertifikasi Keahlian Ganda IN-1 yang dilaksanakan oleh PPPPTK Seni dan Budaya Yogyakarta yang telah ditutup pada tanggal 17 Mei 2017, tahap selanjutnya yang harus dijalani oleh peserta adalah memasuki fase ON-2. Jika pada tahap ON-1 dan IN-1 peserta telah menyelesaikan 7 Kelompok Kompetensi (KK) dari modul yang dipelajari, maka untuk ON-2 peserta diharuskan menyelesaikan 2 KK modul. Selanjutnya panduan evaluasi pelaksanaan ON-2  bagi peserta dapat diunduh pada tautan berikut.

Bahan Tayang Persiapan dan Pelaksanaan ON-2

Panduan Evaluasi ON-1 dan ON-2.

 

 

Penampilan Septiana Rahmawati

PUSAT Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Seni dan Budaya (PPPPTK SB) berhasil meraih medali emas yang dipersembahkan Septiana Rahmawati dalam Lomba Seni Suara Putri sebagai rangkaian Temu Karya, Olahraga dan Seni yang berlangsung di PPPPTK Pendidikan Jasmani dan Bimbingan Konseling (Penjas dan BK) Bogor pada 29 Maret hingga 1 April 2017.

Artikel Selanjutnya...

Halaman 1 dari 4