Gambar Perspektif

Penerapan perspektif satu titik lenyap pada sketsa interior Sumber: www.3dhousedownload.com

Seni
Typography

Oleh: Tri Suerni, Gambar yang memperlihatkan objek seperti yang terekam atau terlihat oleh mata, dan tidak melukiskan dimensi objek yang sebenarnya ,namun bersifat komunikatif dalam memberikan gambaran bentuk objek, itulah gambar perspektif. Bentuk seperti apa yang dilihat oleh mata, benda yang letaknya lebih dekat dengan mata akan tampak lebih besar, dan benda yang letaknya jauh dari mata akan tampak lebih kecil, semakin jauh semakin kecil dan akhirnya hanya berupa titik.

Gambar proyeksi perspektif banyak digunakan untuk gambar presentasi yang berupa gambar rendering atau ilustrasi suatu gambar kerja grafis. Metode ini sangat cocok untuk melukiskan suatu objek yang memiliki ukuran relatif besar, karena itu banyak digunakan dalam bidang arsitektur untuk memperlihatkan rancangan bangunan, termasuk bidang desain interior.

Metode perspektif juga diterapkan dalam berbagai karya seni seperti dalam gambar bentuk, karya desain komunikasi visual, landscape, animasi, dan furniture. Menurut jenisnya, perspektif terdiri dari perspektif garis/perspektif terukur dan perspektif praktis/freehand. Ditinjau dari sudut pandangan, terdapat tiga jenis metode perspektif, yaitu perspektif satu titik lenyap, dua titik lenyap, dan tiga titik lenyap.
Perspektif satu dan dua titik lenyap lebih banyak digunakan dalam berbagai ilustrasi dibandingkan dengan perspektif tiga titik lenyap. Perspektif satu titik lenyap lebih banyak digunakan dalam desain interior, perspektif dua titik lebih banyak untuk ilustrasi bidang arsitektur dan lansdcape. Sedangkan perspektif tiga titik lenyap untuk mempresentasikan bangunan yang tinggi atau foto udara.

Materi lengkap dapat diunduh pada tautan berikut: Gambar Perspektif

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS