P4TKSB - P4TK SENI DAN BUDAYA YOGYAKARTA-

Majulah Seni Budaya Indonesia

Berita:
You are here: Berita Artikel Seni dan Budaya

Artikel

Belajar Budaya dari Sosok Umar Kayam

Surel Cetak PDF

Oleh: Winarto

umar kayamUmar Kayam adalah pribadi yang melampau dirinya baik sebagai sosiolog, budayawan, maupun sastrawan. Ia menjalani takdirnya sebagai cendekiawan yang berani bertarung memperjuangkan nilai-nilai kebenaran (etika, logika, dan estetika,) yang memiliki resonansi kemanusiaan dan kemasyarakatan, bahkan bangsa.

Keteladanan masih jadi krisis laten bangsa kita. Tumbangnya otoritarianisme dan munculnya demokrasi liberal tak otomatis disertai kemunculan tokoh-tokoh nasional yang layak dijadikan panutan secara nilai, etik, dan moral.

Selengkapnya...

Peran Widyaiswara Dalam Diklat Seni Budaya Di PPPPTK Seni Dan Budaya Yogyakarta

Surel Cetak PDF
Penilaian Pengguna: / 2
JelekBagus 

gambar01

Oleh: Winarto, M.Pd

Abad ke 21 menunjukkan perkembangan kebudayaan yang luar biasa, dengan sebutan sebagai abad teknologi, karena manusia telah dapat mempergunakan alat-alat teknologi ringan dan berat yang serba canggih . Teknologi maju pesat , kecepatan kendaraan melebihi kecepatan suara sehingga dunia menjadi semakin kecil, kehidupan manusia mengglobal, menuntut modernisasi, dengan sifat-sifatnya yang praktisitas dan efisiensi.

Kondisi dan situasi kehidupan mengalami perubahan besar yang cukup drastis dan kompleks, memerlukan keseimbangan manusia dalam perilakunya menyikapi segala sesuatu. Secara umum tampak sebagai perilaku masyarakat.

Widyaiswara sebagai ujung tombak dalam diklat peningkatan kompetensi guru seni dan budaya harus mampu mengantisipasi perkembangan teknologi yang kadang-kadang diluar nalar manusia. Hal ini akan mampu meningkatkan profesionalisme untuk meningkatkan peran widyaiswara dalam melestarikan dan mengembangkan seni budaya kita.

Selengkapnya...

Komite Integritas

Surel Cetak PDF

Oleh: Muhammad Winarno

integritasUntuk mewujudkan tercapainya cita-cita nasional telah dibangun Konsep Sistem Integritas Nasional dengan harapan mempercepat terwujudnnya kesejahteraan rakyat yang adil dan makmur serta diakuinya Indonesia sebagai negara yang berintegritas.  Salah satu unsur yang paling penting dalam pemerintahan adalah integritas dan responsibilitas pemerintahan. Integritas yang dimaksud adalah totalitas pengabdian dan kemauan untuk berkorban dan berani menanggung risiko apabila diperlukan untuk mencapai tujuan dengan moralitas yang tinggi dan profesionalisme yang dapat dirasakan oleh masyarakat. Salah satu upayanya dengan mensinergikan integritas antar pilar-pilar dan organisasi dalam pilar-pilar, oleh karena itu perlu dibentuk Komite Integritas di tiap Kementerian, Lembaga sebagai salah satu strategi dalam pengendalian integritas organisasi yang didalamnya diharapkan tumbuh suburnya tunas-tunas integritas individu yang selaras dengan integritas organisasi.  Dengan dibentuknya Komite Integritas ini akan mempermudah para tunas integritas dalam  menginternalisasi nilai-nilai integritas yang dapat  mengikat tunas integritas di lingkungan Kementerian, Lembaga menjadi satu penggerak kekuatan yang kokoh.   

Selengkapnya...

Zat Warna Bejana/Indhanthren untuk Pewarnaan Batik

Surel Cetak PDF
Penilaian Pengguna: / 1
JelekBagus 

Oleh: Wiwik Pudiastuti

ZatWarnaBejanaZat warna untuk kain katun terdiri dari zat  warna Alami (Natural Dyes) dan zat warna Sintetis (Synthetic Dyes). Zat warna alam terdiri dari akar, batang, kulit, buah, dan bunga. Sedangkan zat warna sintetis adalah zat warna buatan pabrik seperti direk, napthol, bejana, indigosol, rapid dan sebagainya.

Selengkapnya...

Proses Penciptaan Seni Tari

Surel Cetak PDF

Oleh: G. S. Darto

proses-penciptaam-tari GS-dSebagai bekal bagi guru-guru SMK  dalam proses pembelajaran tari sangat diperlukan pemahaman dan teknik bagaimana cara membuat penciptaan tari. Banyak para guru khususnya di SMK yang telah mengalami kesulitan dalam hal proses penciptaan tari. Pada tulisan yang sederhana ini mudah-mudahan membantu bagaimana guru dapat memperikan langkah-langkah kongkrit kepada para anak didiknya dalam proses menyusun tari. Banyak cara dan metode yang praktis dalam proses mencipta tari, namun demikian setiap individu akan memiliki strategi dan cara yang berbeda-beda. Secara teknik pada uraian materi ini memberikan bekal bagi guru SMK untuk dapat menerapkannya dalam proses penciptaan tari. Elemen yang sangat mendasar yaitu langkah eksplorasi, improvisasi dan komposisi. Aktifitas berikutnya menerapkan sarana pendukung baik penari, pengiring dan elemen artistik lainya sebagai bagian yang tidak boleh ditinggalkan. Sedangkan sebagai hasil proses yang terakhir adalah menampilkan atau pertunjukan atau dalam istilah lain Performance. Untuk mengukur dan menilai dalam olah hasil proses penciptaan tari akan nampak realistis bila melibatkan pengamat atau evaluator sebagai komperasi apakah proses telah dilakukan dengan baik sesuai kaidah-kaidah dalam membuat karya penciptaan seni tari.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Selengkapnya...

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL

Chat dengan P4TKSB

Klik tombol Login with Facebook untuk chat dengan P4TKSB.
Login With Facebook