P4TKSB - P4TK SENI DAN BUDAYA YOGYAKARTA-

Majulah Seni Budaya Indonesia

Berita:
You are here: Berita Artikel Seni dan Budaya Seni

Seni

Zat Warna Bejana/Indhanthren untuk Pewarnaan Batik

Surel Cetak PDF
Penilaian Pengguna: / 1
JelekBagus 

Oleh: Wiwik Pudiastuti

ZatWarnaBejanaZat warna untuk kain katun terdiri dari zat  warna Alami (Natural Dyes) dan zat warna Sintetis (Synthetic Dyes). Zat warna alam terdiri dari akar, batang, kulit, buah, dan bunga. Sedangkan zat warna sintetis adalah zat warna buatan pabrik seperti direk, napthol, bejana, indigosol, rapid dan sebagainya.

Selengkapnya...

Proses Penciptaan Seni Tari

Surel Cetak PDF

Oleh: G. S. Darto

proses-penciptaam-tari GS-dSebagai bekal bagi guru-guru SMK  dalam proses pembelajaran tari sangat diperlukan pemahaman dan teknik bagaimana cara membuat penciptaan tari. Banyak para guru khususnya di SMK yang telah mengalami kesulitan dalam hal proses penciptaan tari. Pada tulisan yang sederhana ini mudah-mudahan membantu bagaimana guru dapat memperikan langkah-langkah kongkrit kepada para anak didiknya dalam proses menyusun tari. Banyak cara dan metode yang praktis dalam proses mencipta tari, namun demikian setiap individu akan memiliki strategi dan cara yang berbeda-beda. Secara teknik pada uraian materi ini memberikan bekal bagi guru SMK untuk dapat menerapkannya dalam proses penciptaan tari. Elemen yang sangat mendasar yaitu langkah eksplorasi, improvisasi dan komposisi. Aktifitas berikutnya menerapkan sarana pendukung baik penari, pengiring dan elemen artistik lainya sebagai bagian yang tidak boleh ditinggalkan. Sedangkan sebagai hasil proses yang terakhir adalah menampilkan atau pertunjukan atau dalam istilah lain Performance. Untuk mengukur dan menilai dalam olah hasil proses penciptaan tari akan nampak realistis bila melibatkan pengamat atau evaluator sebagai komperasi apakah proses telah dilakukan dengan baik sesuai kaidah-kaidah dalam membuat karya penciptaan seni tari.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Selengkapnya...

Pengembangan Desain Produk Sepatu dari Kulit Sisa (Aval) untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Produktif SMK Kriya Kulit di P4TKSB

Surel Cetak PDF

Oleh: Marsudi

SepatudariKulitSisaPenelitian ini bertujuan untuk mengaplikasikan proses desain dalam pembuatan produk sepatu dari kulit sisa (aval) yang benar dengan pembelajaran proses desain dan strategi pembelajaran pada diklat produktif kriya kulit.

Penelitian ini tergolong jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan metode eksperimen dan pendekatan kuantitatif. Eksperimen dapat dilakukan dengan cara membandingkan dengan keadaan sebelum dan sesudah memakai sistem baru (before-after)  atau dengan membandingkan dengan kelompok yang tetap menggunakan sistem lama. Untuk menguji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan pengecekan kebenaran informasi yang telah ditulis dalam laporan kepada nara sumber dan arahan dari pembimbing.

Selengkapnya...

Gambar Perspektif

Surel Cetak PDF

Oleh: Tri Suerni

pendekatan-perspektifGambar yang memperlihatkan objek seperti yang terekam atau terlihat oleh mata, dan tidak melukiskan dimensi objek yang sebenarnya ,namun bersifat komunikatif dalam memberikan gambaran bentuk objek, itulah gambar perspektif. Bentuk seperti apa yang dilihat oleh mata, benda yang letaknya lebih dekat dengan mata akan tampak lebih besar, dan benda yang letaknya jauh dari mata akan tampak lebih kecil, semakin jauh semakin kecil dan akhirnya hanya berupa titik.

Gambar proyeksi perspektif banyak digunakan untuk gambar presentasi yang berupa gambar rendering atau ilustrasi suatu gambar kerja grafis. Metode ini sangat cocok untuk melukiskan suatu objek yang memiliki ukuran relatif besar, karena itu banyak digunakan dalam bidang arsitektur untuk memperlihatkan rancangan bangunan, termasuk bidang desain interior.

Metode perspektif juga diterapkan dalam berbagai karya seni seperti dalam gambar bentuk, karya desain komunikasi visual, landscape, animasi, dan furniture.  Menurut jenisnya, perspektif terdiri dari perspektif garis/perspektif terukur dan perspektif praktis/freehand. Ditinjau dari sudut pandangan, terdapat tiga jenis metode perspektif, yaitu perspektif satu titik lenyap, dua titik lenyap, dan tiga titik lenyap.

Perspektif satu dan dua titik lenyap lebih banyak digunakan dalam berbagai ilustrasi dibandingkan dengan perspektif  tiga titik lenyap. Perspektif satu titik lenyap lebih banyak digunakan dalam desain interior, perspektif dua titik lebih banyak untuk ilustrasi bidang arsitektur dan lansdcape. Sedangkan perspektif tiga titik lenyap untuk mempresentasikan bangunan yang tinggi atau foto udara.

Selengkapnya...

Pengembangan Karya Kulit Pada Produk Seni Tatah Sungging

Surel Cetak PDF

tatah sunggingOleh: Supriyanta Tyas Purnomo

Proses penciptaan sebuah karya melalui beberapa tahap antara lain identifikasi masalah  yaitu bagaimana penerapan kulit perkamen yang dipadukan dengan kulit tersamak dengan motif pahatan wayang purwa pada produk kap lampu, bahan pokok, bahan penunjang yang digunakan serta proses kerja yang dilaksanakan. Di samping hal tersebut menginvetarisasi data dengan  mencari data-data yang diperlukan.

Proses pembuatan kria kulit ini menggunakan berbagai keteknikan kerajinan kulit, dalam proses perwujudan meliputi dua tahap yaitu : pertama tahapan persiapan bahan dan alat yang akan digunakan, kedua pembuatan karya artinya tahapan yang dilaksanakan dalam proses kerja secara keseluruhan yaitu :  a) Pembuatan sket, b) Pembuatan gambar kerja,  c) pembuatan kerangka  d) menatah dan menyungging, e)Pembuatan pola, f) Pemotongan  kulit sesuai pola, g) Penyesetan kulit, h) Penjahitan dan perakitan, i) Penyelesaikan akhir.

Selengkapnya...

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL

Chat dengan P4TKSB

Klik tombol Login with Facebook untuk chat dengan P4TKSB.
Login With Facebook