P4TKSB - P4TK SENI DAN BUDAYA YOGYAKARTA-

Majulah Seni Budaya Indonesia

Berita:
You are here: Berita Artikel Seni dan Budaya Pendidikan

Pendidikan

Peran Widyaiswara Dalam Diklat Seni Budaya Di PPPPTK Seni Dan Budaya Yogyakarta

Surel Cetak PDF
Penilaian Pengguna: / 2
JelekBagus 

gambar01

Oleh: Winarto, M.Pd

Abad ke 21 menunjukkan perkembangan kebudayaan yang luar biasa, dengan sebutan sebagai abad teknologi, karena manusia telah dapat mempergunakan alat-alat teknologi ringan dan berat yang serba canggih . Teknologi maju pesat , kecepatan kendaraan melebihi kecepatan suara sehingga dunia menjadi semakin kecil, kehidupan manusia mengglobal, menuntut modernisasi, dengan sifat-sifatnya yang praktisitas dan efisiensi.

Kondisi dan situasi kehidupan mengalami perubahan besar yang cukup drastis dan kompleks, memerlukan keseimbangan manusia dalam perilakunya menyikapi segala sesuatu. Secara umum tampak sebagai perilaku masyarakat.

Widyaiswara sebagai ujung tombak dalam diklat peningkatan kompetensi guru seni dan budaya harus mampu mengantisipasi perkembangan teknologi yang kadang-kadang diluar nalar manusia. Hal ini akan mampu meningkatkan profesionalisme untuk meningkatkan peran widyaiswara dalam melestarikan dan mengembangkan seni budaya kita.

Selengkapnya...

Teaching Portfolio sebagai Sarana untuk Meningkatkan Keterampilan Mengajar

Surel Cetak PDF

Oleh: Irene Nusanti

teaching-portfolio ireneTeaching portfolio merupakan materi yang diusulkan untuk menjadi salah satu materi diklat yang diselenggarakan oleh PPPPTK Seni dan Budaya. Tujuan dari kajian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru melalui teaching portfolio.

 Kajian terhadap konsep teaching portfolio menyatakan bahwa dengan mereview semua kegiatan mengajar yang dikumpulkan dalam teaching portfolio, diharapkan dapat membuat guru menemukan kelemahan dan kelebihan pada apa yang sudah dilakukan. Sedangkan kajian terhadap konsep keterampilan mengajar  mengungkapkan bahwa keterampilan bertanya dan keterampilan memecahkan masalah adalah dua keterampilan kunci abad 21 yang harus dimiliki oleh guru dan peserta didik.  Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa teaching portfolio dapat digunakan untuk melakukan kegiatan review pembelajaran dalam rangka meningkatkan keterampilan mengajar yang mengacu pada keterampilan abad 21.Teaching portfolio merupakan materi yang diusulkan untuk menjadi salah satu materi diklat yang diselenggarakan oleh PPPPTK Seni dan Budaya. Tujuan dari kajian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru melalui teaching portfolio.

Kajian terhadap konsep teaching portfolio menyatakan bahwa dengan mereview semua kegiatan mengajar yang dikumpulkan dalam teaching portfolio, diharapkan dapat membuat guru menemukan kelemahan dan kelebihan pada apa yang sudah dilakukan. Sedangkan kajian terhadap konsep keterampilan mengajar  mengungkapkan bahwa keterampilan bertanya dan keterampilan memecahkan masalah adalah dua keterampilan kunci abad 21 yang harus dimiliki oleh guru dan peserta didik.  Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa teaching portfolio dapat digunakan untuk melakukan kegiatan review pembelajaran dalam rangka meningkatkan keterampilan mengajar yang mengacu pada keterampilan abad 21.

Selengkapnya...

Pendidikan Abad 21 dan Aplikasinya dalam Pembelajaran di SMK

Surel Cetak PDF

Oleh: Kuntari Eri Murti

21stCenturySaat ini, pendidikan berada di masa pengetahuan (knowledge age) dengan percepatan peningkatan pengetahuan yang luar biasa. Percepatan peningkatan pengetahuan ini didukung oleh penerapan media dan teknologi digital yang disebut dengan information super highway (Gates, 1996). Sejak internet diperkenalkan di dunia komersial pada awal tahun 1970 an, informasi menjadi semakin cepat terdistribusi ke seluruh penjuru dunia.

Selengkapnya...

Learning Portfolio dalam Pembelajaran Diklat

Surel Cetak PDF

Oleh: Irene Nusanti

learning-portfolioLearning portfolio merupakan salah satu strategi yang dipilih untuk dapat diterapkan dalam sebuah paket diklat. Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengetahui kemajuan hasil belajar peserta diklat melalui strategi learning portfolio.Kajian terhadap konsep portofolio menyatakan bahwa dengan menganalisis kumpulan tugas-tugas, diharapkan dapat terlihat adanya usaha untuk meningkatkan hasil pembelajaran. Sedangkan kajian terhadap konsep belajar dan konsep diklat menyatakan bahwa kemajuan yang terjadi melalui diklat diharapkan dapat memberi motivasi kepada peserta diklat untuk meningkatkan kinerjanya. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan strategi learning portfolio, peserta diklat mendapat gambaran tentang kemajuan belajar melalui setiap mata diklat dari satu paket diklat.

Selengkapnya...

Pemanfaatan Abu Vulkanik Gunung Kelud Untuk Mengembangkan Badan Keramik Stoneware Tanah Liat Sukabumi

Surel Cetak PDF

Oleh: Wahyu Gatot Budiyanto

keramik abu vulkanikPengembangan badan keramik stoneware bakaran menengah dilakukan pada tanah liat Sukabumi. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mendapatkan formula badan keramik stoneware bakaran menengah (1150oC-1250oC)dengan memanfaatkan abu vulkanik Gunung Kelud, 2) mendapatkan hasil produk keramik stoneware berglasir bakaran menengah (1150oC-1250oC)dengan menggunakan formula hasil pengembangan badan keramik.

Selengkapnya...

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL

Chat dengan P4TKSB

Klik tombol Login with Facebook untuk chat dengan P4TKSB.
Login With Facebook