P4TKSB - P4TK SENI DAN BUDAYA YOGYAKARTA-

Majulah Seni Budaya Indonesia

Berita:
You are here: Menu P4TKSB Sejarah

Sejarah

Surel Cetak PDF

PPPG Kesenian Yogyakarta dirintis sejak tanggal 1 September 1983 sebagai Proyek Peningkatan Pusat Pengembangan Penataran Guru Kesenian berlokasi di nDalem Ngadiwinatan Yogyakarta.

 

Status Unit Pelaksana Teknis Ditjen Dikdasmen dimulai pada tanggal 14 Agustus 1990 berdasarkan SK Mendikbud Nomor 0529/0/1990, sebagai unit pelaksana teknis pusat di lingkungan direktoratPendidikan Dasar dan menengah. dengan tugas dan fungsi utama membina,mengembangkan, dan meningkatkan SMK khusus di bidang seni dan kriya.

Tugas pokok dan fungsi sebagai Pusat Pengembang Mutu Pendidikan Nasional dalam
merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, meningkatkan,dan mengembangkan pendidikan dan pelatihan (diklat) tenaga kependidikan tingkat nasional di bidang seni dan kriya dalam rangka peningkatan mutu, efisiensi, dan relevansi pendidikan nasional.

Pada Tanggal 13 Februari 2007, lahirlah Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 8 Tahun 2007 tentang Organisasi dan Tata Kerja PPPPTK, maka PPPG Kesenian berubah nama, peran tugas dan fungsi lebih besar dari sebelumnya.

Sehubungan dengan pelaksanaan otonomi pendidikan, Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyatakan bahwa Pemerintah kabupaten/kota mengelola pendidikan dasar dan menengah serta satuan pendidikan yang berbasis keunggulan lokal. Hal ini berarti bahwa paradigma baru pendidikan tersebut bertujuan untuk mendorong percepatan pembangunan di daerah berdasarkan potensi dan kebutuhan masing-masing. Dengan kata lain, layanan pendidikan ke daerah harus berpijak pada peta pengembangan sumber daya manusia, sumber daya alam dan pendidikan, mengingat Negara Republik Indonesia memiliki kekayaan sumber daya yang sangat besar.

     

    Chat dengan P4TKSB

    Klik tombol Login with Facebook untuk chat dengan P4TKSB.
    Login With Facebook