P4TKSB - P4TK SENI DAN BUDAYA YOGYAKARTA-

Majulah Seni Budaya Indonesia

Berita:
You are here: Berita P4TKSB Diklat Guru Prakarya (Kerajinan) SMP Region dalam Jawa 2015

Diklat Guru Prakarya (Kerajinan) SMP Region dalam Jawa 2015

Surel Cetak PDF
Penilaian Pengguna: / 2
JelekBagus 


prakaryaUsaha untuk memperoleh kompetensi cekat, cepat dan tepat melalui pembelajaran kerajinan, rekayasa, budidaya dan pengolahan dengan menggunakan berbagai macam bahan, alat, teknik dan ilmu pengetahuan yang dilakukan dengan cara memanfaatkan pengalaman dan pelatihan merupakan pengertian dari prakarya. Untuk mencapai kompetensi yang diharapkan Pusat Pengemb
angan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Seni dan Budaya melaksanakan program Peningkatan Kompetensi Guru Prakarya. Program yang ditujukan untuk peningkatan kompetensi para pendidik Sekolah Menengah Pertama(SMP) ini dalam bentuk diklat guru dan akan dilaksanakan mulai Selasa, 08 September 2015 hingga 22 September 2015.  Peserta dalam program ini berjumlah 30 Orang yang terdiri dari kelompok guru SMP region dalam Jawa. Pembukaan program diklat Prakarya ini dilaksanakan bersamaan dengan program diklat Seni Budaya pada Rabu, 09 September 2015 di Ruang Gatot Kaca P4TKSB.

Para peserta akan melalui beberapa alur kegiatan yaitu penyiapan kegiatan dan administrasi, pendaftaran peserta, pembukaan diklat, pelaksanaan dan penutupan. Untuk mencapai kompetensi cekat, cepat dan tepat dalam program diklat ini tidak hanya berupa pembelajaran teoritis akan tetapi juga ada kegiatan praktik dalam pelaksanaan diklat ini. Lingkup materi dalam pelaksanaan diklat ini meliputi pendidikan lingkungan hidup, praktik pembuatan karya kerajinan dari bahan alam,  praktik pembutan karya kerajinan dari bahan buatan, praktik pembuatan karya kerajinan dari bahan limbah organik, praktik pembuatan kerajinan dari bahan limbah anorganik, pameran, studi banding, Pre-test dan post test.

 Tujuan dari program diklat ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru prakarya pada aspek kerajinan sehingga guru mampu memberikan pembelajaran pada mata pelajaran Prakarya dengan pendekatan scientific sehingga mampu mencapai tujuan pembelajarn. Diharapkan dengan adanya program diklat ini kompetensi guru meningkat dalam melaksanakan pembelajaran Prakarya dan juga meningkatkan kualitas pembelajaran Prakarya di sekolah. Dengan  program ini P4TK Seni Budaya memiliki data guru yang sudah mengikuti program diklat Prakarya sehingga kedepannya peningkatan mutu dan kualitas kompetensi guru Prakarya dapat ditingkatkan dan lebih menyeluruh ke semua daerah.(Reni, Vani dan Mukti)

 

Chat dengan P4TKSB

Klik tombol Login with Facebook untuk chat dengan P4TKSB.
Login With Facebook