P4TKSB - P4TK SENI DAN BUDAYA YOGYAKARTA-

Majulah Seni Budaya Indonesia

Berita:
You are here: Berita P4TKSB Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia di P4TKSB melalui Diklat Bahasa Inggris

Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia di P4TKSB melalui Diklat Bahasa Inggris

Surel Cetak PDF
Penilaian Pengguna: / 0
JelekBagus 

diklat-bhs-InggPeningkatan kualitas sumber daya manusia sangatlah dibutuhkan dalam sebuah lembaga atau organisasi. Peningkatan kualitas sumber daya manusia ini seiring dengan peningkatan kualitas dari lembaga tesebut. Untuk itu P4TK Seni dan Budaya menyelenggarakan kegiatan capacity building melalui diklat Bahasa Inggris  Berbasis Pengembangan Diri Gelombang II (Paket 1). Diklat dengan sasaran para Karyawan/ Karyawati P4TK Seni dan Budaya dilaksanakan sejak tanggal 5-20 Agustus 2015 di gedung multimedia P4TK Seni dan Budaya. Program yang sudah memasuki gelombang kedua ini membatasi jumlah pesertanya setiap gelombang hanya diikuti oleh 10 orang saja dan dalam program ini juga terdapat beberapa paket program yaitu paket 1, 2, 3 dan 4. Setiap peserta diharuskan untuk menempuh paket 1 terlebih dahulu sebelum mengikuti paket 2, 3 dan 4.

Sebagai penanggung jawab sekaligus sebagai widyaiswara adalah Dra. Irene Nusanti, M.A. dan Dr. Rin Surtantini, M.Hum. Program Diklat bahasa Inggris berbasis pengembangan diri ini merupakan program yang baru tahun ini diadakan. Tujuan dari diadakanya program ini menurut Ibu Irene adalah untuk meningkatkan kualitas diri dari masing-masing individu pesertanya dengan karakter yang lebih baik. Program ini tidak menuntut penguasaan bahasa Inggris dari pesertanya secara baik, siapapun dapat mengikuti program diklat ini asalkan jumlah kuota peserta belum terpenuhi. Materi yang disampaikan dalam pelaksanaan program diklat ini terdiri dari materi pokok dan materi penunjang. Untuk materi pokok meliputi (1) Daily Routines (Intangible Routines, Tangible Routine dan Verbal Routines), (2)Communication Strategy, Integrated Practice. Sedangkan untuk materi penunjang memuat video on daily routine of successful people dan presentation.

 

Total jam dalam pelaksanaan diklat ini adalah 54 jam yang terbagi dari 24 teori dan 30 jam praktek yang dimulai tanggal 5-20 Agustus 2015. Selama 5 hari pembelajaran dalam kelas, selebihnya praktek dan presentasi. Dalam pelaksanaan program ini nantinya para peserta selain mengikuti pembelajaran diklat didalam kelas juga terdapat sesi praktek, yaitu setiap peserta diharuskan untuk mempraktekan hasil pembelajaran yang didapatkan didalam kehidupan sehari-hari. Sebagai bahan evaluasi para peserta akan diwajibkan untuk melaporkan/mempresentasikan hasil dari praktek dalam kehidupan sehari-harinya, sebelumnya para widyaiswara akan memantau keterlakasanaan praktek melalui wawancara secara tatap muka dan wawancara via telepon. Dalam melakukan presentasi peserta akan menyampaikan hasil yang telah dicapai selama satu minggu, misalkan sebelum melakukan diklat peserta ada yang tidak teratur makan dan ingin melakukan perubahan kemudian peserta akan menyampikan hasil usahanya dalam makan teratur selama satu minggu. Widyaiswara akan memberikan motivasi bagi peserta setelah presentasi agar perubahan-perubahan positif dapat dipertahankan. Diharapkan setelah mengikuti diklat bahasa Inggris berbasis pengembangan diri ini peserta dapat terus mempraktekkan hasil pembelajaran yang telah didapat selama diklat berlangsung sampai peserta memiliki gaya hidup dan karakter yang lebih  baik dari sebelumnya (Mukti, Reni & Vani).

Chat dengan P4TKSB

Klik tombol Login with Facebook untuk chat dengan P4TKSB.
Login With Facebook