P4TKSB - P4TK SENI DAN BUDAYA YOGYAKARTA-

Majulah Seni Budaya Indonesia

Berita:
You are here: Berita Artikel Seni dan Budaya Seni Zat Warna Bejana/Indhanthren untuk Pewarnaan Batik

Zat Warna Bejana/Indhanthren untuk Pewarnaan Batik

Surel Cetak PDF
Penilaian Pengguna: / 1
JelekBagus 

Oleh: Wiwik Pudiastuti

ZatWarnaBejanaZat warna untuk kain katun terdiri dari zat  warna Alami (Natural Dyes) dan zat warna Sintetis (Synthetic Dyes). Zat warna alam terdiri dari akar, batang, kulit, buah, dan bunga. Sedangkan zat warna sintetis adalah zat warna buatan pabrik seperti direk, napthol, bejana, indigosol, rapid dan sebagainya.

Zat warna bejana merupakan salah satu zat warna sintetis yang telah lama dipergunakan untuk mewarnai serat tekstil terutama serat yang berasal dari alam. Zat warna bejana termasuk golongan zat warna yang  tidak larut dalam air dan tak mungkin dipergunakan untuk mencelup apabila tidak dirubah dahulu struktur molekulnya, dengan pertolongan suatu reduktor, senyawa tersebut di bejanakan artinya dirubah menjadi bentuk leuko yakni bentuk zat warna bejana yang tereduksi yang akan larut dalam larutan alkali. Senyawa leuko tersebut mempunyai substantivitas terhadap serat kapas sehingga dapat  dipergunakan untuk mencelup.  

Zat warna indanthren ini banyak digunakan untuk memncelupkain yang berasal dari serat alam. Saat ini zat warna indanthren mulai banyak digunakan untuk mewarnai batik. Sehingga warna-warna batik sekarang sangat banyak variasi warna dan jenis warna yang digunakan.

Lebih lanjut donwload di sini: Zat Warna Bejana Indhanthren untuk Pewarnaan Batik - Wiwik Pudiastuti.pdf

 

Chat dengan P4TKSB

Klik tombol Login with Facebook untuk chat dengan P4TKSB.
Login With Facebook