P4TKSB - P4TK SENI DAN BUDAYA YOGYAKARTA-

Majulah Seni Budaya Indonesia

Berita:
You are here: Berita Artikel Seni dan Budaya Seni Mengenal Tari Klana Alus Gaya Yogyakarta

Mengenal Tari Klana Alus Gaya Yogyakarta

Surel Cetak PDF
Penilaian Pengguna: / 0
JelekBagus 

Oleh: P. Sidik Nugraha BP

tari klana_alusTari Klana alus merupakan tari klasik gaya Yogyakarta yang berasal dari kraton Yogyakarta. Tarian ini pada mulanya hanya digelar/eksis dan dipelajari di lingkungan istana saja. Eksistensi puncak perkembangan tari klasik pada masa pemerintahan Hamengku Buwana VIII tahun 1921. 

Dalam perkembangannya, tari klasik yang semula hanya digelar/eksis di istana kemudian mulai dikenal dan dikembangkan di luar istana, dengan hadirnya organisasi kesenian yang bernama Kridho Bekso Wiromo. Setelah berdirinya organisasi seni di luar tembok istana, maka atas ijin Sri Sultan Hamengku Buwono VII, tari klasik diperkenankan diajarkan serta dikembangkan diluar tembok istana. 

Tari Klana Alus merupakan salah satu tarian yang dicipta dan dikembangkan di luar tembok istanaYogyakarata. Pencipta tari Klana Alus adalah K.R.T. Candraradana, selaku penari, guru tari, dan pencipta tari khususnya tari klasik gaya Yogyakarta.  Tari Klana Alus merupakan tari klasik gaya Yogyakarta yang merupakan jenis tari putra halus. Tarian ini menggambarkan seorang raja yang sedang merindukan sorang putri.

Sesuai dengan namanya, maka karakter dan gerak tarinya adalah gerak putra alus. Ciri khas gerakan tari Klana Alus adalah gerak ngana/kiprahan, yang diungkapakan lewat gerak muryani busana. Tarian ini menggambarkan orang yang sedang dirundung asmara yang diekspresikan lewat gerakan memakai busana sampai dengan asesoris.

Tari Klana alus secara garis besar dibagi menjadi tiga bagian yang meliputi bagian pertama maju gending, bagian dua kiprahan, bagian tiga mundur gending. Gerakan tari Klana Alus nampak lebih ekspresif dinamis, karena iramanya terdiri dari beberapa irama, antara lain irama satu dan irama dua.

 

Chat dengan P4TKSB

Klik tombol Login with Facebook untuk chat dengan P4TKSB.
Login With Facebook