P4TKSB - P4TK SENI DAN BUDAYA YOGYAKARTA-

Majulah Seni Budaya Indonesia

Berita:
You are here: Berita Artikel Seni dan Budaya Seni Teknik Dasar Membuat Anyaman

Teknik Dasar Membuat Anyaman

Surel Cetak PDF
Penilaian Pengguna: / 2
JelekBagus 

Oleh: Wiwik Pudiastuti

teknik anyamKerajinan anyam merupakan satu usaha  atau kegiatan ketrampilan masyarakat dalam pembuatan barang-barang dengan cara susup menyusup antara lungsi dan pakan. Kegiatan itu sampai sekarang merupakan penerus peninggalan nenek moyang kita. Bahan yang dapat dibuat untuk anyaman antara lain rotan, pandan, mendong, bambu, lontar, gebang, agel dan masih bayak lagi bahan-bahan dari alam yang dapat di buat anyaman.

Yang dimaksud dengan teknik anyam adalah suatu cara atau metode yang memberi petunjuk kepada kita agar dapat membuat berbagai anyaman dengan jalan semudah-mudahnya dan menghasilkan suatu produk ayaman yang sebaik-baiknya. Anyam merupakan suatu cara pembuatan barang kerajinan dengan cara susup menyusup antara lungsi dan pakan.

Anyam merupakan suatu cara pembuatan. Masyarakat Indonesia memakai anyaman sebagai barang pelengkap rumah tangga.Bahan yang dapat dibuat untuk anyaman antara lain rotan, pandan, mendong, bambu, lontar, gebang, agel dan masih banyak lagi bahan-bahan dari alam yang dapat di buat anyaman. Teknik anyaman merupakan pengetahuan yang harus dimiliki oleh seorang penganyam yang akan membuat anyaman. Seorang penganyam harus tahu bagaimana meletakkan dan menyusupkan iratan-iratan, harus tahu juga bagaimana memulai anyaman dan mengakhiri anyaman sampai membuat suatu produk anyaman.

Lebih lanjut donwload di sini:

 

 

 

 

Chat dengan P4TKSB

Klik tombol Login with Facebook untuk chat dengan P4TKSB.
Login With Facebook