P4TKSB - P4TK SENI DAN BUDAYA YOGYAKARTA-

Majulah Seni Budaya Indonesia

Berita:
You are here: Berita Artikel Seni dan Budaya Pendidikan Evaluasi Dampak Diklat Implementasi Kurikulum 2013 bagi Guru Instruktur Mapel Prakarya SMP

Evaluasi Dampak Diklat Implementasi Kurikulum 2013 bagi Guru Instruktur Mapel Prakarya SMP

Surel Cetak PDF
Penilaian Pengguna: / 0
JelekBagus 

Oleh: Winarto

dampak-dklt-prakaryaPada penelitian ini yang menjadi subyek penelitian sekaligus responden  adalah peserta diklat implementasi kurikulum 2013 bagi guru instruktur mapel prakarya di Propinsi jawa Tengah. Berdasarkan hasil evaluasi dalam penelitian ini kami susun kesimpulan sebagai berikut : 1). Guru  Instruktur sebagai peserta diklat implementasi kurikulum 2013 di LPMP Jawa Tengah,  memiliki persepsi bahwa program diklat yang terdiri dari program umum , program pokok dan program penunjang memiliki kualitas yang cukup baik sebagai acuan peleksanaan diklat implementasi kurikulum 2013 di LPMP Jawa Tengah. 2). Diklat implementasi kurikulum 2013 bagi guru instruktur berdampak pada peningkatan penguasaan materi implementasi kurikulum 2013 bagi pesertanya. Materi tersebut terdiri dari : Konsep Kurikulum 2013, Analisis Buku, Perancangan dan Penilaian, Praktek pembelajaran terbimbing. 3).Diklat implementasi kurikulum 2013 berdampak pada peningkatan aplikasi strategi pembelajaran mapel prakarya  bagi pesertanya. Komponen strategi pembelajaran terdiri dari : pengembangan RPP, strategi dan metode pembelajaran, Penerapan saintifik, penerapan evaluasi pembelajaran.

Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian di atas, peneliti memberikan saran: 1). Penelitian ini telah membuktikan bahwa peserta diklat  implementasi kurikulum 2013  memiliki persepsi yang baik terhadap pelaksanaan program program diklat. Oleh karena itu perlu adanya upaya mempertahankan kualitas diklat pada masa masa yang akan datang , dan perlu memperhatikan sisi sisi yang masih kurang dengan melihat hasil penelitian ini. 2).  Penelitian evaluasi ini menggunakan peserta diklat sebagai responden , maka perlu ada penelitian evaluasi lain yang sejenis dengan menggunakan responden siswa yang terlibat langsung dalam proses pembelajaran . 3).   Perlu ada pemantauan pasca diklat secara rutin untuk melihat dan memantau perkembangan di lapangan.

Perlu adanya penelitian evaluasi dampak diklat dengan melihat langsung proses pembelajaran yang dilakukan oleh alumni peserta diklat, dengan menggunakan penelitian kualitatif.

 Selanjutnya bisa didownload di sini: DAMPAK DIKLAT Prakarya.pdf

Sumber foto: bdiyogyakarta.kemenperin.go.id

Chat dengan P4TKSB

Klik tombol Login with Facebook untuk chat dengan P4TKSB.
Login With Facebook