P4TKSB - P4TK SENI DAN BUDAYA YOGYAKARTA-

Majulah Seni Budaya Indonesia

Berita:
You are here: Home

INTRNATIONAL BATIK CENTRE

Surel Cetak PDF
Penilaian Pengguna: / 1
JelekBagus 

Inilah gedung International Batik Centre (IBC) yang berdiri di atas lahan seluas 4 hektare di jalur Pantura, tepatnya di Jl. A Yani No. 573 Wiradesa Kabupaten Pekalongan, bekas lokasi pabrik Tekstil PT. Gunatex.

Sesuai dengan tujuan pembangunannya, keberadaan IBC tidak dibatasi untuk pengembangan usaha para pengusaha batik papan atas, tetapi justru lebih diprioritaskan untuk kalangan penguaha kecil dan menengah. Dengan didasari semangat perekonomian kerakyatan dan nasionalisme, IBC diharapkan mampu menepis kesenjangan antara pengusaha mapan dan pengusaha kecil.

Infrastruktur IBC terdiri dari 700 kios serta dilengkapi berbagai fasilitas seperti area workshop batik, food court (pujasera) sarana ibadah, tempat parkir, serta museum batik. Sebagai komplek bangunan yang dirancang untuk menampung kegiatan transaksi perdagangan dan pemasaran batik dalam partai kecil dan besar serta dalam skala lokal, regional maupun internasional, IBC tetap menampilkan nuansa budaya lokal, tercermin dalam bentuk bangunan joglo yang digunakan sebagai ruang kegiatan promosi seni dan budaya.

Pembangunan IBC merupakan cita-cita nasional yang konsepnya berawal dari Kabupaten Pekalongan agar bisa tampil mewakili Indonesia di kancah inernasional. Keberadaanya nanti diharapkan mampu menguatkan posisi Pekalongan sebagai pusat batik dan tekstil dunia. (Sumarti)