P4TKSB - P4TK SENI DAN BUDAYA YOGYAKARTA-

Majulah Seni Budaya Indonesia

Berita:
You are here: Home

Mengenalkan Kegiatan Seni Budaya Lewat Program Mini Trip

Surel Cetak PDF
Penilaian Pengguna: / 0
JelekBagus 

Sleman :  Mengajak para siswa   keluar sejenak  dari lingkungan sekolah  yang menjadi rutinitas sehari-hari untuk   mengenal  situasi baru  di luar kelas  merupakan salah satu  program SD Kanisius Demangan Baru I Yogyakarta.  Melalui program  Mini trip, para siswa kelas 1 SD Kanisius Demangan Baru I, Kamis, 9 Februari 2012 melakukan kegiatan belajar di luar  ke Studio Tekstil dan Studio Keramik Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan ( P4TK) Seni dan Budaya Sleman Yogyakarta.

Kegiatan Minitrip ini menurut Tarsisia Prihastuti,S.Pd salah seorang guru kelas 1c SD Demangan Baru I telah  menjadi agenda rutin bagi  semua siswa mulai dari kelas satu sampai kelas 6, hanya  pilihan obyek dan volumenya saja yang berlainan. Khusus siswa kelas 1 diselenggarakan setiap tahun sekali.

“ Kami punya program setiap tahunnya  itu anak-anak belajar di luar, supaya ada situasi baru, suasana baru , mengenal dunia yang lain”. Tuturnya saat mendampingi para siswa di studio tekstil.

Kegiatan Minitrip di P4TK-SB ini  antara lain untuk mengenal  pewarnaan alami  serta  cara pembuatan keramik melalui praktek secara langsung  pembuatan benda –benda sederhana  yang telah dikenal oleh anak.


Selama ini menurut Tarsisia, para siswa hanya mengenal produk-produk keramik tetapi tidak terbayang bagaimana  cara pembuatannya sehingga dengan dilibatkannya anak-anak dalam praktek langsung ini mereka  lebih mengetahui  cara pembuatan keramik.  Selain itu dengan kegiatan mini trip ini para siswa menurutnya akan  memiliki ketrampilan baru serta wawasan  yang lebih luas mengenai seni dan budaya. (mrt)