P4TKSB - P4TK SENI DAN BUDAYA YOGYAKARTA-

Majulah Seni Budaya Indonesia

Berita:
You are here: Home

Surel Cetak PDF
Penilaian Pengguna: / 0
JelekBagus 

Kendal : Saat SMK yang lain ngetren dengan program “Mobil SMK”, lain halnya dengan SMKN 1 Kendal. Untuk menggalakkan gerakan industri kreatif, SMKN 1 Kendal mencoba merilis dua buah film berjudul “Biduk” dan “Tembang Pulang”. Film berdurasi masing-masing 24 menit ini disutradarai oleh Koes Yuliadi seorang praktisi film dari Jakarta.

Lewat dana Bantuan Pembelajaran Wirausaha Pendukung Industri Kreatif Tahun Anggaran 2011 dari Direktorat pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Kemendiknas, Program Kompetensi Teknis Produksi dan Penyiaran Program Pertelevisian, SMKN 1 Kendal berkesempatan memberikan sumbangan yang nyata dalam dunia perfilman sekaligus mempromosikan “SMK PASTI BISA” ! di kalangan masyarakat pendidikan maupun masyarakat umum.

Kepala SMKN 1 Kendal, Drs. Kusdarmanto, menjelaskan, pembuatan kedua film tersebut dilatarbelakangi semangat untuk menjungjung tinggi kearifan budaya khas Kendal. Dengan dirilisnya kedua film itu, ia berharap, hubungan kemitraan dengan institusi pendidikan menengah pertama dan instansi terkait serta SMK-SMK yang lain akan semakin meningkat. Demikian pula hubungan dengan dunia usaha dan dunia industri bisa semakin intensif, terutama yang telah menjalin kerjasama dengan SMKN 1 Kendal.

Sementara itu, sebagai sosialisasi film tersebut ke publik, telah digelar pemutaran film perdana dan press conference pada Sabtu, 21 Januari lalu, bertempat di GOR SBR Perumahan Purwokerto Indah, Kecamatan Kota Kendal. Film “Biduk” dan “Tembang Pulang” ini merupakan produksi Broadcast TV SMKN 1 Kendal yang pertama. Film “Biduk” mengisahkan tentang kebijaksanan dan ketaatan dalam kehidupan sehari-hari dengan mengambil lokasi syuting di kawasan pantai Sendang Sikucing Rowosari Kendal, Tambak Lorok Semarang dan Kawasan Pecinan Semarang. Sedangkan film “Tembang Pulang” bercerita tentang harapan kasih sayang seorang ibu. Kedua film tersebut masing-masing berdurasi 24 menit dan disutradarai Koes Yuliadi, seorang praktisi film dari Jakarta. Artis pendukung diambil dari artis lokal Kabupaten Kendal dan Kota Semarang. Menurut rencana, 10 stasiun TV lokal di Indonesia akan menayangkan film “Biduk” dan “Tembang Pulang” ini.

Sumber : www.kendalkab.co.id